Telisik Lebih Jauh Dunia Esports dan Content Creator dalam Acara SnackVideo dan Infinix Hot 40 Pro Live on Campus

Kegiatan SnackVideo dan Infinix Hot 40 Pro Live on Campus di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM (25/2) (Foto: Reporter Bul)

Revolusi industri 4.0 yang mendorong perkembangan teknologi digital, otomatisasi, dan konektivitas mendorong dunia esports atau olahraga elektronik tumbuh semakin cepat. Apalagi, dengan semakin populernya game online dan banyak terselenggaranya turnamen esports, perkembangan esports merupakan hal yang tak terbantahkan lagi.

Peluang esports dalam era digital  

Sebagai respon terhadap perkembangan esports di Indonesia, Infinix dan SnackVideo melakukan kolaborasi dalam acara talkshow SnackVideo dan Infinix Hot 40 Pro Live on Campus yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Esports Universitas Gadjah Mada di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM (25/2).

Lukman Awaluddin Ssi MCs selaku pembina UKM esports UGM membuka acara dan memberikan pengantar terkait peluang esports, “Ajang esports sudah masuk ke dalam pertandingan resmi dan tercatat ke dalam salah satu cabang olahraga,” paparnya, “oleh karena itu, diharapkan kepada anak muda yang tertarik dengan gaming dapat mengembangkan kemampuannya di dalam bermain game, siapa tahu besok bisa mengikuti turnamen,” tambah Lukman.

Kupas dunia content creator dan esports

Setelah pembukaan acara, sesi pertama dilangsungkan dengan tajuk “Content Creator Talkshow” yang berisi bahasan mengenai dunia content creator, tips untuk mendapatkan audiens, dan bagaimana menghasilkan konten yang menarik. “Komunitas gamers harus present online di media buat membesarkan nama tim ataupun nama kalian pribadi,” ujar Mustika Jati selaku Content Strategy Lead Infinix. “Kalaupun tim kalian nggak gampang kalah, tapi nggak ada orang yang tahu itu, ya buat apa?” lanjut Mustika dalam paparannya.

Di sisi lain, Gen Bagus, Games Operation SnackVideo, sebagai narasumber kedua menyinggung perihal cara agar konten yang kita buat ramai ditonton. Originalitas konten, konsistensi posting, adanya ciri khas, serta menjadi diri sendiri merupakan poin yang dapat diterapkan content creator agar karyanya diminati.

Selain itu, judul yang menarik juga harus menjadi perhatian. Dalam paparannya, Bagus membagikan tips agar judul bisa menarik perhatian, yaitu dengan menyorot poin menarik, memberi kata-kata penekanan atau kata kunci, serta menggunakan pertanyaan. 

Asah bakat dan minat dalam kompetisi  

Sesi kedua merupakan “Content Creator Competition”, yaitu kompetisi antar content creator untuk mendapatkan penghargaan konten paling menarik. Penilaian dilihat dari aspek originalitas karya, teknik pengambilan video, dan presentasi content creator dalam menyampaikan makna karya yang telah dibuatnya.

Kemudian, sesi ketiga adalah acara puncak, yaitu “Free Fire Tournament” yang dapat diikuti oleh peserta yang hadir. Sesi ketiga ini menjadi wadah bagi semua peserta yang memiliki potensi minat dan bakat sebagai content creator, khususnya esports. Diselenggarakannya acara semacam ini diharapkan dapat menggerakkan kreativitas generasi muda dan menjadi bentuk dukungan agar para generasi muda berani melangkah dan berkarya. 

Reporter dan penulis: Galuh Ayu, E. Dyna Funky, Genanita Zelda/ Bul

Editor: Angga/ Bul 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here