Bangkit Usai Pandemi, GAMACUP UGM Kembali Pertandingkan 45 Tim Bola Voli Antar Perguruan Tinggi

sr : panitia gamacup

Pada Minggu (13/9), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar upacara pembukaan Gadjah Mada Volleyball Competition (GAMACUP) 2022 di Gelanggang Olahraga (GOR) Pancasila UGM. Dihadiri langsung oleh Dr Arie Sujito SSos MSi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, ajang perlombaan GAMACUP 2022 resmi dibuka dengan total peserta sebanyak empat puluh tim dari dua puluh lima perguruan tinggi di Indonesia. 

Mengusung tema besar “Pass Your Dream, Spike it Harder”, GAMACUP tahun ini membawa visi untuk membangkitkan kembali semangat mencetak bibit unggul atlet bola voli dari kalangan mahasiswa. Kegiatan upacara pembukaan GAMACUP 2022 diawali dengan parade kontingen dari setiap perguruan tinggi yang diiringi oleh tarian klasik Jawa Domba Nini dari Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS). 

Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana kegiatan GAMACUP 2022, Sri Handayani. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah langkah awal untuk memulai kembali ajang perlombaan bola voli setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. “Kami berharap antar kontingen dari setiap perguruan tinggi dapat menjunjung sportivitas dan tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Sri. 

Selaras dengan Sri Handayani, Pramudya Handoko selaku perwakilan pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) melalui sambutannya juga menekankan bahwa seluruh kontingen harus bermain sportif. Lebih lanjut dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa minat mahasiswa dalam olahraga bola voli semakin meningkat tiap tahunnya sehingga kegiatan GAMACUP 2022 ini memberikan dampak positif terhadap pengembangan potensi olahraga pada mahasiswa. “GAMACUP 2022 menjadi ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi untuk melihat potensi para atlet yang bertanding. Harapannya, usai bertanding disini mereka dapat berkancah di tingkat yang lebih tinggi lagi,” jelas Pramudya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Dr Arie Sujito SSos MSi bahwa ajang perlombaan ini menjadi momentum baik untuk mengembalikan semangat mengasah potensi atlet bola voli pada mahasiswa. “Sudah dua tahun kita hidup dalam situasi pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai kegiatan di luar rumah. GAMACUP 2022 ini merupakan buah dari kesabaran selama dua tahun yang harapannya dapat mengeratkan tali silaturahmi antar perguruan tinggi,” tuturnya. 

Upacara pembukaan GAMACUP 2022 disambut dengan meriah oleh para atlet dan pelatih dari berbagai perguruan tinggi. Hal tersebut tercermin dari antusiasme seluruh peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian acara upacara pembukaan dari awal hingga akhir. “Upacara pembukaan GAMACUP 2022 sangat meriah, kami disambut baik dengan parade dan persembahan melalui tarian tradisional yang mengesankan,” ungkap salah satu atlet dari Universitas Surabaya. 

Menarik mundur sejarah GAMACUP 2022, ajang perlombaan bola voli ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dengan nama Rektor Cup. Pada tahun 2015, Rektor Cup berganti nama menjadi Gadjah Mada Volleyball Competition (GAMACUP) dengan sasaran peserta dari perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas sederajat. Perkembangan berikutnya, pada tahun 2019, ajang perlombaan GAMACUP hanya ditargetkan bagi perguruan tinggi dengan fokus tujuan mencetak insan bola voli yang unggul dari kalangan mahasiswa. 

Setelah resmi dibuka melalui upacara pembukaan, pertandingan antar tim dilaksanakan pada tanggal 14-20 November 2022, bertempat di GOR Pancasila Universitas Gadjah Mada. Pertandingan digelar mulai pukul 13.00 hingga 19.30 WIB dan dibuka untuk umum. Aditya Agung Wicaksono, penanggung jawab kegiatan turut mengungkapkan bahwa ajang perlombaan GAMACUP 2022 menjadi turnamen bola voli yang sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai perguruan tinggi. “Oleh karena itu, panitia penyelenggara tahun ini harus membuat gebrakan baru yang mampu membuat para kontingen konsisten berlaga di GAMACUP pada tahun-tahun berikutnya,” pungkas Aditya. 

Penulis : Panitia Gamacup 2022 

Editor: Angga/ Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here