Trans Gadjah Mada, Transportasi Ramah Lingkungan di UGM

Fariz Risky Pradana dan Meitri Lathifah

Sebagai upaya dalam mendukung gerakan universitas green campus yang dilakukan Universitas Gadjah Mada, maka universitas memfasilitasi mahasiswanya dengan kendaraan ramah lingkungan untuk beraktivitas di dalam kampus, seperti misalnya sepeda kampus.

Namun baru-baru ini, Universitas Gadjah Mada melalui Direktorat Aset menghadirkan fasilitas transportasi baru untuk membantu mengembangkan gerakan Green Campus ini, yaitu bus listrik Trans Gadjah Mada. Bus listrik ramah lingkungan Trans Gadjah Mada kini juga menjadi tren tersendiri di kalangan civitas UGM.
Untuk saat ini Direktorat Aset baru memiliki dua unit bus yang launching pada April 2022 kemarin, dengan masing-masing melalui rute 1A dan 1B. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mengakses kendaraan ini. Berikut adalah rute perjalanan bus Trans Gadjah Mada yang dikutip dari website Direktorat Aset maupun akun Instagramnya di aset.ugm.

Rute 1A

Semua jalur pada rute Trans Gadjah Mada bermula dari Grha Sabha Pramana. Masing-masing halte diberikan waktu pemberhentian berkisar 30 detik. 

Setelah dari Halte 0 atau GSP, bus akan melanjutkan perjalanan ke FEB, Fisipol, dan FTP. Dan mengikuti gambar di samping, bus akan bergerak sesuai halte-halte tersebut. 

Biasanya bus sudah mulai beroperasi sejak pukul 6.30 pagi. Kamu bisa berjalan sedikit atau menggunakan sepeda kampus untuk menuju ke tiap-tiap halte.

Rute 1B

Tak jauh berbeda dengan rute 1A, pada rute 1B Trans Gadjah Mada juga menjadikan Graha Sabha Pramana sebagai titik awalnya. Setelahnya, Trans Gadjah Mada akan  berjalan menuju pemberhentian selanjutnya  , seperti  FEB, Fisipol, dan FTP sama seperti pada rute 1A. Namun, yang membedakan antara rute 1A dan 1B adalah halte pemberhentian setelah Wisma Kagama. Pada rute 1B Trans Gadjah Mada akan berbelok ke arah halte sekolah vokasi  dan setelahnya akan berjalan menuju FKG , FKKMK , serta halte halte lainya sesuai dengan gambar di atas. Pada rute 1B Trans Gadjah Mada akan berhenti di halte RS Panti Rapih  sebagai pemberhentian terakhir sebelum akhirnya kembali ke titik awal yaitu GSP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here