Cek Fakta: Benarkah Sebagian Besar Infrastruktur Era Jokowi dimulai SBY?

Ilus: freepik.com dengan perubahan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, mengklaim bahwa 70-80% proyek infrastruktur yang diresmikan dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo telah dikerjakan sejak era kepemimpinan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Klaim tersebut dinyatakan AHY dalam rapimnas Partai Demokrat yang digelar pada Kamis (16/9). Dalam kesempatan yang sama, AHY juga menyampaikan rasa herannya pada pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tidak menyampaikan rasa terima kasih pada SBY atas hal itu.

Klaim AHY di atas membangkitkan kembali perdebatan mengenai perbedaan kebijakan di masa pemerintahan SBY dan Jokowi. Sebanyak 6.199 cuitan di Twitter membahas klaim AHY dengan tagar #hambalang. Tagar tersebut sempat menjadi salah satu trending topic di Twitter Indonesia. Tagar #hambalang sendiri berkaitan dengan Wisma Atlet Hambalang, proyek di era SBY yang mangkrak karena tersangkut kasus korupsi. Perdebatan tersebut kemudian memunculkan sebuah pertanyaan, “apakah klaim AHY benar?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan daftar proyek strategis nasional di laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) sebagai dasar untuk melakukan cek fakta. Dalam daftar tersebut, terdapat 212 Proyek Strategis Nasional. Jumlah itu meliputi 54 proyek di kategori jalan dan jembatan, 36 proyek di kategori transportasi, 20 proyek di kategori pengembangan wilayah dan kawasan, 69 di kategori infrastruktur sumber daya air, 17 proyek di kategori, serta 16 program. 

Dari keseluruhan jumlah tersebut, penulis hanya dapat memverifikasi 4 proyek yang dimulai di era kepemimpinan SBY. Sebagaimana dilansir oleh CNN Indonesia, 4 proyek tersebut adalah Tol Trans Sumatera, Pelabuhan Patimban, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan. Proyek Tol Trans Sumatera sendiri terbagi ke dalam 24 proyek terpisah dalam daftar proyek strategis nasional KPPIP. Dari 24 proyek tersebut, hanya 4 proyek yang diusulkan pemerintahan SBY. Proyek era SBY lain yang diresmikan Jokowi tapi tidak termasuk dalam daftar proyek strategis nasional adalah Tol Cikopo-Palimanan.

Dapat disimpulkan bahwa jumlah tersebut adalah 3,3% dari keseluruhan jumlah proyek strategis yang ditetapkan Jokowi. Hal itu berbanding terbalik dengan klaim AHY yang berkisar di angka 70-80%. Dengan begitu, klaim AHY atas proyek infrastruktur yang telah dikerjakan semenjak era SBY adalah tidak benar. 

Daftar Pustaka

CNN Indonesia. 2022. 5 Proyek Kelar di Era Jokowi yang Disebut AHY Tanpa Terima Kasih SBY. . https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220916155133-92-848854/5-proyek-kelar-di-era-jokowi-yang-disebut-ahy-tanpa-terima-kasih-sby. Diakses pada 17 September 2022. 

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. Tanpa Tahun. Proyek Strategis Nasional. https://kppip.go.id/proyek-strategis-nasional/. Diakses pada 17 September 2022. 

Penulis: Gregorius Nugroho Arimurti/ Bul

Editor : Ramada Aziizan/ Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here