Kembangkan Potensi Mahasiswa di Bidang Start Up Melalui I-Meet 2021

Foto : Dok. panitia

Innovator Meeting merupakan salah satu program kerja Kementerian Pengembangan Potensi dan Karya Mahasiswa (PPKM) BEM KM UGM.  Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan karya mahasiswa UGM dalam bidang inovasi dan pengembangan teknologi. Mengusung tema “Start-Up”, Innovator Meeting 2021 telah berhasil diselenggarakan pada tanggal 4, 5, 11, 12, 18, dan 19 September 2021. Rangkaian acara I-Meet tahun ini mencakup Coaching Class, Case Resolve, dan Seminar Gamatalks.

Coaching Class

Coaching Class merupakan rangkaian acara pertama Innovator Meeting 2021. Coaching Class dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 4 dan 5 September 2021 melalui platform Zoom Meeting.  Sesi ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan peserta tentang start-up dari mentor yang kompeten di bidangnya. Harapannya, peserta bisa mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

Peserta sesi ini terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu managerial, developing, dan design. Sesi ini diawali oleh pengerjaan pretest oleh peserta. Kemudian, dilakukan transfer materi oleh para mentor. Acara ini menghadirkan Muhammad Hafidullah selaku Business Advisor Ruang412 sebagai mentor kelas managerial, Sufiandy Elmy selaku Software Engineer di Titipku sebagai mentor kelas developing, dan Eko Cahyo selaku Interaction Design di Tech Company sebagai mentor kelas design. Setelah sesi transfer materi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pengerjaan post test oleh peserta.

Case Resolve dan Pitching Day

Case Resolve merupakan rangkaian acara kedua dari Innovator Meeting 2021. Dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 September 2021 melalui platform Zoom Meeting, sesi ini bertujuan untuk menggali potensi dan kecakapan peserta dalam memecahkan masalah mengenai start-up.

Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan perannya yang berbeda-beda. Kelompok ini juga terbagi ke dalam dua sektor, yaitu sektor akademik dan kemahasiswaan serta sektor sarana prasarana dan K3. Pada sesi Case Resolve, peserta diberikan kesempatan untuk mengkonsultasikan final project dengan mentor. Acara ini menghadirkan Matahari Farransahat, Dimas Ragil Mumpuni, Yusuf Yudhistira, Dheja Daruna, Wina Hafidh, dan Hanifah Nisrina sebagai mentor sesi Case Resolve.

Setelah Case Resolve, rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi Pitching Day. Pitching day dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 September 2021 melalui platform Zoom Meeting. Pada sesi ini, para peserta mempresentasikan final project mereka dan dinilai oleh dewan juri. Pitching Day dihadiri oleh Khoirunnisa’ Rizky Noor Fatimah selaku Tech Facilitator di Apple Developer Academy, Syibly Adam Firmanda selaku Menteri Analisis Digital BEM KM UGM 2021, dan Sandhito Abrar selaku Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM UGM sebagai dewan juri. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Edi Prasetyo dari Direktorat Aset UGM dan Amin S. dari Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM.

Seminar Gamatalks

Gamatalks telah diselenggarakan pada hari Minggu, 19 September 2021 sebagai rangkaian acara penutup dari Innovator Meeting 2021. Acara ini terbuka untuk umum dan dilakukan secara bauran. Selain itu, acara ini ditayangkan melalui platform Youtube BEM KM UGM. Bertajuk “Start-Up: The Opportunity from Digital Space,” seminar ini bertujuan agar generasi muda mampu memahami, meningkatkan pengetahuan, mencari inspirasi, dan membaca peluang dalam pendirian perusahaan rintisan di era digital.

Seminar ini menghadirkan pembicara yang ahli di bidang start-up, yaitu Christopher Farrel Millenio Kusumo selaku CEO & Founder Kecilin.id, Alwy Herfian Satriatama selaku Co-Founder Widya Indonesia Grup, dan Lisa Lindawati selaku Direktur dari Creative Hub Fisipol UGM. Acara diakhiri dengan sesi awarding sebagai wujud penghargaan terhadap peserta dan kelompok terbaik. Innovator Meeting 2021 memberikan penghargaan kepada Alif Dimasius sebagai peserta terbaik dari kelas developing, Bill Laudrix sebagai peserta terbaik kelas design, dan Theresia Felita Andita Putri sebagai peserta terbaik dari kelas managerial. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Suit (Tim 8) sebagai 2nd Runner-Up, Lab Lomba (Tim 2) sebagai Runner-Up, dan Si-book (Tim 4) sebagai Best Team.

Penulis:

Novidya Sekar/Bul

Ufaira Rafifa/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here