PRESS RELEASE MINI CONCERT #13: “GEMINTANG”

Minggu, 18 April 2021, Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan acara Mini Concert #13: “Gemintang”. Mini Concert adalah konser orkestra yang menjadi wadah untuk menunjukkan kemampuan para anggota baru GMCO UGM  dalam memainkan alat musik, baik dalam format full orchestra (semua instrument bersatu padu)  maupun dalam mini perform (permainan dalam kelompok kecil oleh beberapa instrument). Acara  yang bertajuk Mini Concert #13: “Gemintang” ini bertujuan untuk mempersembahkan  pertunjukkan musik orkestra kepada masyarakat luas, mengedukasi masyarakat luas dengan  musik berkualitas, memberikan pengalaman bagi angkatan baru Gadjah Mada Chamber Orchestra, serta menampilkan pertunjukan musik dengan suasana baru di saat pandemi yang sedang berlangsung. 

Judul “Gemintang” sendiri diambil karena mini concert kali ini menceritakan anak kecil yang meraih asa dan akan disampaikan melalui alunan melodi dari berbagai instrument yang dimainkan oleh para player. Konser ini melibatkan 51 orang player dan panitia, dengan bimbingan dan bantuan dari Andreas Harnastyo selaku Music Director, Habibi Rahman selaku Rehersal dan Recording Director, serta Wina Fauriza Syafni selaku Concert Master. 

Acara ini berlangsung pada pukul 19.00 – 20.30 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. dr. Adi Utarini, M.P.H., M.Sc., Ph.D selaku Pembina dari GMCO, serta sambutan dari Kusumadewi Candrakirana, selaku Ketua dari GMCO. Setelah rangkaian acara pembukaan selesai, konser pun dimulai. Pada mini concert tahun ini, terdapat 8 lagu yang dibawakan, diantaranya: Skyfall dari Adele, yang diaransemen oleh Ivan Rangga; Don’t Look Back in Anger dari Oasis, yang diaransemen oleh Harera El Muhalla;  PerahuKertas dari Maudy Ayunda, yang diaransemen oleh Vivian Aileen Aryona; Piano Sonata  

no. 8 Op. 13 “Pathetique”: II. Adagio cantabile, yang diaransemen oleh Yosia Elnino; A Million Dreams dari film The Greatest Showman yang diaransemen oleh Kristalina KS dan diadaptasi oleh Kusumadewi Candrakirana; A Sky Full of Stars dari Coldplay, yang diaransemen oleh Ruswan Syarif Thaliba Putra; Merry Go Round of Life dari film Howl’s Moving Castle, yang diaransemen oleh Abrar Audi Abdurrahman; dan Flashlight dari Jessie J, yang diaransemen oleh Habibi Rahman. Lagu-lagu tersebut diaransemen oleh para anggota GMCO sendiri. Dua lagu

diantaranya, Skyfall dan Perahu Kertas, dibawakan berkolaborasi dengan vokalis dari Gama Band. Kedelapan lagu dipilih menyesuaikan dengan narasi cerita yang dibacakan setiap transisi lagu, sehingga penonton dapat lebih menghayati alur cerita dari mini concert ini. 

Setelah hampir 1,5 jam berlalu, konser ditutup dengan ucapan terima kasih dari Project Manager Mini Concert #13: “Gemintang”, Gracia Azarya Chrisanty. Sebelum menutup acara, para MC juga mengingatkan kembali kepada para penonton bahwa GMCO tidak hanya melangsungkan  mini concert tahun ini, tetapi juga ada konser lainnya yang akan diselenggarakan oleh GMCO  UGM.

Penulis :
Gracia Azarya Chrisanty/GMCO
Sabrina Puti Herayani/GMCO
Nabila Ayu Puspita/GMCO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here