KLAIM INSENTIF PRESTASI UGM

ilus/syifa

Melebarkan Sayap dan Mendulang Emas
Masa-masa kuliah merupakan masa paling bebas untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan diri. Berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak hanya mendukungmu untuk berprestasi secara akademik tetapi juga memberikan kesempatan kepadamu untuk berprestasi non-akademik dengan mengikuti berbagai kompetisi yang tersedia di luar kampus. Ternyata kalau kita menang lomba kita bisa mendapatkan hadiah dua kali lipat lho dari kampus! UGM  memberikan insentif prestasi atau bonus kepada para mahasiswa yang memenangkan lomba atau kompetisi tingkat regional, nasional, dan internasional. Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa UGM di bawah Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) UGM merupakan badan yang mengurus klaim insentif prestasi tersebut. 

Besaran nominal yang diberikan beragam tergantung kategori juara yang berdasar pada bentuk lomba mahasiswa tersebut memenangkan kompetisi perseorangan, berpasangan, atau beregu. Selain itu dibedakan juga di urutan ke berapa mahasiswa tersebut memenangkan kompetisi. Misalnya, untuk juara pertama kejuaraan internasional perseorangan program Dikti mendapatkan insentif sejumlah Rp 7.500.000 dan program non-Dikti sejumlah Rp 5.000.000. “Namun, jumlah insentif yang terdapat di SK merupakan pagu maksimal insentif yang dapat diberikan kepada mahasiswa. Maka, sangat memungkinkan apabila pada setiap kejuaraan jumlah insentif yang diberikan berbeda lewat pertimbangan beberapa hal pada kompetisinya, sehingga bisa lebih kecil.” ujar Annisa Sabarina, mahasiswa paruh waktu di Ditmawa UGM subdirektorat Kreativitas Mahasiswa saat diwawancarai pada (24/02).

Cara Mudah Mengajukan Insentif Prestasi
Pengajuan insentif prestasi tersebut dapat dilakukan selama tahun kompetisi tersebut diadakan, pengajuan akan ditolak apabila sudah berbeda periode. Jadi, semisal kamu memenangkan lomba pada bulan Maret tahun 2021 kamu bisa langsung mengajukan insentif prestasi seminggu, sebulan, atau bahkan pada akhir tahun 2021. Namun, kalau kamu mengajukannya pada tahun setelahnya berarti sudah melewati batas periode dan tidak akan diterima. Akan lebih baik kalau kamu mengajukan langsung setelah mendapatkan berita acara terkait kejuaraan yang diraih agar proses pemberian insentif pun dapat segera diproses. Mahasiswa yang ingin mengetahui nominal besaran insentif yang diberikan oleh kampus dapat melihat SK Rektor UGM perihal Penghargaan Prestasi UGM pada website kreativitas.ugm.ac.id pada bagian “Dokumen” tahun 2019. Untuk ketentuan insentif prestasi 2021 masih mengikuti aturan pada tahun tersebut. 

Untuk alur pengajuan insentif prestasi yaitu sebagai berikut :

  1. Login ke simaster.ugm.ac.id dengan akun SSO UGM
  2. Setelah masuk, klik tab “Kemahasiswaan”, lalu pilih “Aktivitas Mahasiswa”
  3. Setelah masuk, klik “Tambah Aktivitas”
  4. Kemudian pilih “Prestasi (Sang Juara)”
  5. Setelah itu, silahkan lengkapi data-data prestasi yang diminta oleh akun SIMASTER, jangan lupa untuk menyertakan sertifikat kejuaraanmu! Perlu diperhatikan juga, bahwa dalam hal kejuaraan berpasangan atau kelompok, cukup ketua saja yang mengunggah data. Jika data sudah lengkap, silahkan “Simpan Aktivitas”
  6. Sekarang, tinggal menunggu data diverifikasi oleh petugas. Jika status sudah berubah menjadi “Data Diterima”, kamu sudah bisa mengajukan insentif dengan mengklik “Ubah Insentif”
  7. Untuk melengkapi data-data yang diperlukan saat mengajukan klaim insentif, kamu memerlukan :
  1. URL Berita Prestasi (Jika ada)
  2. Artikel Prestasi (doc/docx)
  3. Nama dan Nomor Rekening
  4. Scan Buku Rekening (pdf)
  5. Foto Kegiatan (jpg/jpeg/png)
  6. Surat Undangan atau Surat Tugas (pdf)

Jika sudah, jangan lupa klik “Ubah Aktivitas” dan tinggal menunggu status pemeriksaan selanjutnya. Semoga berhasil dan bisa menjadi motivasi untuk memenangkan banyak lomba ya!

Catatan :

  1. Terkait alur dan persyaratan dapat dilihat pada :

((pdf SK Rektor)) 

  1. Alur pengajuan insentif juga dapat dilihat pada post instagram @kreativitasugm atau pada link https://kreativitas.ugm.ac.id/?page_id=7718

Zainab Ratu, Juwita Wardah/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here