Rumah Mahasiswa: Media Inklusif untuk Semua Mahasiswa

ilus-rumah
ilus: Tiara

Rumah Mahasiswa adalah sebuah media kreatif yang diciptakan oleh Ghaffar Yuzan, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2017 pada awal tahun 2020 dengan akun Instagram @rumah_mahasiswa. Ghaffar bersama kedua temannya, Fuji Nova Amelya (Perencanaan Wilayah Kota’17) dan Aldi Brahmantya (Teknik Mesin’17), berhasil menorehkan prestasi gemilang pada perlombaan yang diadakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association dengan meraih juara 1 dalam kategori International Business Plan Competition WINTEX 2020. Dari perlombaan tersebut, Ghaffar juga melakukan survei kecil-kecilan untuk mengulik kembali ide dari Rumah Mahasiswa ini dan memperbaiki beberapa hal untuk ke depannya sehingga dapat berkembang menjadi lebih baik. 

Alasan memulai Rumah Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa tentunya adalah sebuah privilese yang tidak didapatkan oleh semua orang. Tapi, menjadi seorang mahasiswa artinya juga harus siap memikul tanggung jawab, harapan orang tua, mimpi-mimpi, dan berbagai masalah lainnya yang harus dihadapi. Dengan adanya segala problematika kehidupan ini, tidak sedikit mahasiswa yang menjadi stres dan bimbang akan kehidupan kampus dan kehidupan pasca kampus. 

Ghaffar melihat fenomena ini sebagai sebuah masalah yang harus diatasi. Ia kemudian membentuk Rumah Mahasiswa yang memiliki konsep sebagai mediator antara mahasiswa dan orang-orang yang memiliki jawaban atas berbagai masalah tersebut. “Kenapa kita memulai? Cukup simpel alasannya. Aku mahasiswa, lalu ada masalah, dan kita semua menyadari bahwa itu adalah masalah tapi kita nggak tahu solusinya gimana. Makanya, sebanyak apapun platformnya, kita coba aja dulu buat,” tutur Ghaffar. 

Tak hanya itu, Ghaffar juga ingin Rumah Mahasiswa menjadi suatu media yang inklusif bagi semua mahasiswa. Hal ini berdasar pada observasinya terhadap beberapa platform yang pendekatannya dianggap terlalu akademis. Padahal, sukses bukan hanya dihasilkan dari mahasiswa yang baik secara akademik, namun juga nonakademik. Oleh karenanya, Ghaffar ingin memberikan pendekatan yang berbeda agar nantinya dapat menjangkau seluruh mahasiswa.  

Tujuan dan kegiatan

Selain sebagai mediator, Rumah Mahasiswa juga ingin membantu para mahasiswa untuk memiliki tiga keterampilan penting, yaitu bertahan hidup, beradaptasi dalam dunia yang dinamis seperti sekarang ini, serta mengasah minat dan bakat yang mereka miliki sehingga tidak melulu soal akademis. Untuk mewujudkannya, Rumah Mahasiswa memiliki tiga kegiatan. Yang pertama adalah konten di Instagram yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi melalui konten-konten yang menarik. Kegiatan kedua ada RumaTalkshow, yaitu webinar yang menghadiri berbagai pembicara yang nantinya akan memberikan banyak ilmu baru serta motivasi kepada para mahasiswa. Kegiatan terakhir adalah RumaChat yang dilakukan melalui siaran langsung di Instagram dengan narasumber dari mahasiswa yang akan membicarakan berbagai topik menarik. Selain itu, pada bulan Februari juga rencananya akan segera dibuka kanal Youtube untuk Rumah Mahasiswa. 

Harapan ke depannya

Harapan Ghaffar untuk ke depannya adalah agar Rumah Mahasiswa bisa mewakilkan apa yang ia miliki dan ingin disuarakan, serta dapat diterima oleh para mahasiswa, mulai dari yang terdekat, seperti teman-teman, relawan, dan orang-orang yang pernah mengikuti kegiatan Rumah Mahasiswa. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat lebih terpedaya dalam menjalani hari-harinya tanpa distraksi orang lain dan tetap menjadi diri sendiri. “Semoga banyak mahasiswa yang sukses dan akan kita undang nantinya di Rumah Mahasiswa untuk sharing,” pungkasnya. 

Penulis: Daniel Fadly/ Bul
Editor: Fania Dini Aulia/ Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here