Momentum Regenerasi di Tengah Pandemi COVID-19

KABIDGAMA (Keluarga Alumni Kebidanan Universitas Gadjah Mada) merupakan sebuah asosiasi alumni Program Studi D-IV Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. KABIDGAMA diresmikan pada tanggal 12 Maret 2017, oleh Ketua Prodi Kebidanan yang menjabat pada saat itu, yakni dr. Hadianto Ismangoen, Sp.A (Alm) dan menunjuk Rani Nur Atiqoh HP (Alumni Angkatan 2011) sebagai Ketua Umum, Indriana Widya Puspitasari sebagai Koordinator Alumni Angkatan 2011 dan Wafda Ardhian Latansyadiena sebagai Koordinator Alumni Angkatan 2012, di mana pada saat itu Alumni Prodi D-IV Kebidanan SV UGM baru terdiri dari angkatan 2011 dan 2012.

Pada pertengahan tahun 2020 ini, KABIDGAMA menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) perdana secara virtual melalui fitur google form dengan mengusung tema Jujur, Adil, Transparan dan Akuntabel. Rangkaian pemilu tersebut dimulai dari menghimpun pendapat alumni dan usulan nama Kandidat Ketua Umum KABIDGAMA pada bulan Mei hingga pertengahan Juni. Terdapat 31 nama kandidat yang diusulkan oleh alumni, kemudian pengurus inti mengambil 10 besar nama untuk dikonfirmasi mengenai kesediaan menjadi Kandidat Ketua Umum. Setelah itu, pengurus inti melakukan musyawarah sehingga didapatkan tiga nama untuk maju sebagai Kandidat Ketua Umum, yakni Khelian Ni Syevira (2011), Indriana Widya Puspitasari (2011), dan Titin Setiyani (2012). Sebelum dilaksanakan pemilihan umum, Panitia Pemilu menyelenggarakan Sharing Session bersama alumni melalui aplikasi ZOOM pada 20 Juni 2020 diikuti dengan acara Pengenalan Kandidat pada 21 Juni 2020. Masa Kampanye Kandidat dilaksanakan pada 22 Juni 2020, dan Pelaksanaan Pemilu secara virtual dilaksanakan pada 23 Juni 2020 mulai pukul 07.00 WIB hingga 23.59 WIB.

Sebanyak 177 alumni telah menyuarakan pilihannya dengan rincian 168 suara sah dan 9 suara tidak sah. Suara tidak sah diantaranya karena double entry, pemilih menyuarakan dua nama berbeda dalam form pemilu, dan pemilih mengisi form di luar waktu yang ditetapkan. Dari hasil penghitungan 168 suara, Indriana Widya Puspitasari memperoleh 99 suara, Khelian Ni Syevira memperoleh 45 suara, dan Titin Setiyani memperoleh 24 suara. Dengan demikian, Indriana Widya Puspitasari terpilih menjadi Ketua Umum KABIDGAMA Periode Jabatan 2020-2022. Penghitungan pemilu ini didokumentasikan dalam bentuk video yang dapat diakses oleh semua anggota KABIDGAMA. Tifa Pascariyanti Sujarwanta selaku Ketua Pelaksana Pemilu Virtual KABIDGAMA menyampaikan bahwa “Pemilu ini bukan hanya tentang menang atau kalah, tetapi lebih kearah bagaimana mempererat tali persaudaraan alumni. Harapan kepada Ketua terpilih agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan menjaga keakraban antar alumni dari berbagai tahun angkatan yang tersebar di penjuru Indonesia”.

Rangkaian pemilu ini diakhiri dengan acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) secara virtual pada 28 Juni 2020 yang dilaksanakan secara formal dengan dihadiri oleh para tamu undangan, Prof. Dr. Sunartini Hapsara, Sp.A(K), Ph.D. sebagai Pemerhati Bidan sekaligus Penasihat Prodi D-IV Kebidanan SV UGM, Dosen dan Staf Prodi D-IV Kebidanan Sekolah Vokasi UGM, antara lain: dr. Tridjoko Hadianto, DTM&H., M.Kes; Hj. Kusminatun, Amd.Keb., S.Pd., M.Sc; Surjani, S.SiT., MPH; Dr. Diah Wulandari, M.Keb; Mumtihana Muchlis, SST., M.Kes; Fitra Duhita, M.Keb; dan Nofrida Pratistiyana, S.Keb.Bd., M.Sc. Hadir pula, H. Mas Yanto Herlianto selaku Ketua Keluarga Alumni Sekolah Vokasi UGM (KAVOGAMA) dan disaksikan oleh Alumni Kebidanan UGM. Diawal acara, Prof. Dr. Sunartini Hapsara, Sp.A(K), Ph.D memberikan materi tentang sejarah Pendidikan Kebidanan dan UGM dan menyampaikan bahwa “Harapan kedepannya Kabidgama dapat mengangkat citra Bidan sesuai dengan nilai-nilai luhur UGM, Mari kita berjuang terus, semangat sehat untuk kesehatan perempuan Indonesia dan profesionalisme Bidan”. Seluruh peserta tampak menyimak sesi sumpah jabatan yang dipandu oleh Hj. Kusminatun, Amd.Keb., S.Pd., M.Sc dan disaksikan oleh orang tua dari Indriana Widya Puspitasari. Kemudian dilanjutkan sesi pelantikan, yakni pembacaan SK oleh H. Mas Yanto Herlianto. Berikutnya, serah terima jabatan dari Rani Nur Atiqoh HP kepada Indriana Widya Puspitasari yang juga menyampaikan orasinya pada kesempatan ini. Terakhir, para tamu undangan dan perwakilan alumni serta pengurus memberikan ucapan selamat kepada Ketua Umum KABIDGAMA Periode 2020-2022.

Meskipun acara ini diselenggarakan secara virtual, panitia berupaya maksimal dalam merancang rundown acara dan menyelenggarakan dengan suasana khidmat dan hangat sebagaimana halnya jika mengadakan acara secara langsung. Pelantikan dan Sertijab ini diselenggarakan melalui platform ZOOM dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel  KABIDGAMA.

Link Youtube http://bit.ly/pelantikanketua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here