Menu Berbuka Puasa Bagi Kalian Yang Bosen Buka Di Rumah

Ilus: Rinda/Bul

Tidak terasa, kita yang beragama muslim telah memasuki pertengahan akhir bulan Ramadhan dan melaksanakan kewajiban untuk berpuasa. Semoga tetap lancar meskipun Ramadhan kali ini memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita harus tetap berada di rumah sesuai anjuran pemerintah.

Meski diliputi oleh berbagai keterbatasan, momen-momen yang hanya datang saat Ramadhan tetap perlu disambut dengan sukacita. Misalnya tarawih, sahur, dan tentunya berbuka bersama dengan keluarga. Waktu berbuka puasa merupakan momen yang tepat untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga sambil menyantap menu favorit.

Omong-omong soal menu, ada beberapa minuman atau makanan yang rasanya selalu hadir di tengah-tengah Ramadhan di Indonesia, seperti kolak dan kurma. Kalau kalian bosan dengan menu yang itu-itu saja, mungkin kalian bisa mencoba untuk membuat menu di bawah ini. Hitung-hitung juga bisa sekalian ngabuburit karena menu ini cukup mudah dibuat.

Jangan salah, menu di bawah ini merupakan menu yang masih nge-trend dan sempat viral di media sosial beberapa waktu belakang. Makanya, simak benar-benar ya!

1.Kopi Dalgona

Pernah dengar menu yang satu ini? Kalau kalian sering berselancar di media sosial, terutama Twitter, minuman satu ini pasti terdengar tidak asing. Dalgona Coffe sebenarnya merupakan sajian kopi yang berasal dari Korea Selatan, namun beberapa waktu ini viral karena cara membuatnya yang sangat mudah. Bahannya pun juga mudah didapat, hanya perlu kopi sachet, susu, gula, dan sedikit air. Kopi yang ditambahkan sedikit air dan gula dikocok dengan mixer baru dituang diatas susu, rasanya nikmat! Kalau kalian gabut, boleh kok mencoba untuk kocok secara manual! Tetapi risikonya, butuh waktu yang lama dan tangan bisa pegal-pegal.

2.Pie Susu

Jika lebih ingin makanan manis untuk disantap saat berbuka, kalian bisa membuat pie susu. Alat dan bahan yang diperlukan sangatlah sederhana dan cara membuatnya pun juga tidak rumit. Resepnya bisa ditemukan di media sosial hingga Youtube. Sudah banyak yang mencobanya dan membagikan hasilnya di medsos masing-masing. Sekarang giliran kalian untuk mencoba mempraktikannya, hitung-hitung meingkatkan skill memasak. Oh iya, meski terlihat mudah, tetapi banyak juga yang gagal, jadi semangat ya!

3.Churros

Jika kalian benar-benar pencinta makanan manis, maka churros juga bisa menjadi menu pilihan berbuka. Bahan utamanya hanyalah tepung terigu, mentega, dan telur. Churros juga bisa dikreasikan dengan menambahkan susu coklat bubuk ataupun Oreo. Setelah selesai digoreng, churros bisa dinikmati dengan taburan gula halus di atasnya ataupun dicelup dengan saus coklat. Selamat mencoba!

4. Bola-bola tahu

Yang satu ini khas orang Indonesia banget, yaitu gorengan.Gorengan tahu satu ini bukan yang dijual mendadak lima ratusan itu ya, tetapi yang bisa kalian buat sendiri dengan mudah di rumah. Yaitu, tahu putih yang telah dihaluskan dicampur dengan telur, diberi bumbu sedikit, lalu diberi dengan tepung bumbu yang bisa didapatkan di toko terdekat baru kemudian digoreng dan sajikan.

5.Dadar Mie

Punya stok mie instan dan telur? Kalau iya, maka coba keduanya bisa digabung dan dibuat dadar mie. Makanan simpel ini cocok untuk dijadikan lauk untuk berbuka. Bisa juga ditambahkan dengan potongan sayuran jika ingin lebih sehat, wortel misalnya.

6.Salad buah

Untuk menjaga badan agar tetap sehat, saat puasa jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan. Kalau bosan dengan es buah atau campur, mungkin sekali-kali kalian bisa membuat salad buah. Ditambah dengan saus dari susu kental manis atau yogurt dengan mayonnaise, salad buah bisa menjadi menu segar untuk berbuka.

7.Nasi goreng

Nasi goreng sudah menjadi menu andalan banyak orang. Kalau bingung memilih menu berbuka, nasi goreng bisa menjadi pilihan praktis. Untuk membuatnya pun juga sangat mudah dengan bahan yang mudah didapat. Saat ini, juga sudah tersedia banyak bumbu instan jika kalian tidak bisa meracik bumbunya sendiri. Supaya lebih enak, tentu nasi goreng bisa ditambahkan dengan telur, sosis, ataupun daging ayam. Jangan lupa juga untuk menambah berbagai sayuran supaya gizinya tetap seimbang.

Dengan adanya anjuran untuk tetap melakukan aktivitas di rumah, maka waktu luang yang dimiliki pun jadi  lebih banyak. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan skill memasak dengan mencoba beberapa menu di atas. Banyak resep yang dibagikan di internet maupun di media sosial yang patut untuk dicoba.

Ramadhan tahun ini memang terasa berbeda dibanding sebelumnya, tetapi banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan agar Ramadhan sama bermaknanya seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang penting, tetap berada di rumah dan jangan lupa untuk mencuci tangan atau memakai masker saat berpergian.

Selamat berpuasa!

Penulis: Seftyana Aulia Khairunisa/Bul
Editor: Muhammad Ridho Affandi/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here