Menikmati Takjil saat Pagebluk

takjil
Ilus:Tiara/Bul

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan bagi umat Islam seluruh dunia. Takjil yang merupakan salah satu andalan umat muslim Indonesia saat bulan Ramadhan untuk dijadikan hidangan berbuka puasa mulai diperjualbelikan. Setiap sore orang-orang mulai pergi keluar rumah untuk mencari takjil yang biasanya dijual di pinggir jalan. Namun, adanya wabah Covid-19 di bulan Ramadhan tahun ini membuat kita harus mulai berhati-hati untuk keluar rumah untuk membeli takjil kesukaan kita. Berikut beberapa cara yang mungkin dapat membantu kita ketika ingin pergi membeli takjil dengan kondisi pandemi saat ini.

1.Tentukan apa yang ingin dibeli, lalu catat!

Banyaknya jenis takjil yang dijual acap kali membuat kita bingung untuk menentukan mana yang akan dibeli. Hal tersebut membuat kita bisa lama berada diluar rumah atau di tempat membeli takjil. Adanya  kondisi pandemi saat ini, berada diluar rumah terlalu lama atau di tempat keramaian tidak baik karena kemungkinan kita bersentuhan dengan orang asing lumayan besar. Oleh karena itu, kita sebaiknya mencatat apa saja yang ingin dibeli agar dapat meminimalisasi lamanya waktu kita saat berada di tempat membeli takjil sehingga akan mengurangi kemungkinan kita melakukan kontak badan dengan orang asing.

2.Selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer

Penularan wabah Covid-19 ini terjadi melalui cairan yang mengenai mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita melindungi area wajah dengan menggunakan masker. Penggunaan masker ini akan mencegah virus berpindah atau masuk ke tubuh kita melalui saluran pernafasan.

Setelah berbelanja pun, pastikan tangan selalu dibersihkan karena selepas memegang sesuatu seperti takjil yang selesai dibeli, seringkali kita lupa dan mengarahkan jari-jari ke arah hidung atau mata. Hal ini sangat fatal karena tangan yang digunakan untuk menyentuh wajah belum tentu terjamin kebersihannya. Oleh karena itu, hand sanitizer sangat perlu dibawa untuk membersihkan tangan dari kotoran. Hand sanitizer sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, jadi sangat pas untuk kita yang pergi berbelanja tanpa perlu khawatir dengan tangan yang tidak bisa dibersihkan.

3.Jaga jarak!

Berburu takjil saat bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat menyenangkan, itu sebabnya orang berbondong-bondong menuju tempat takjil untuk membelinya. Suasana ramai tidak bisa dihindari, tetapi dengan adanya kondisi wabah Covid-19 membuat tempat takjil tidak begitu ramai seperti biasanya. Namun, masih ada beberapa juga yang tetap membeli takjil dikala pandemi ini.

Saat membeli takjil di tempat yang ramai maka solusinya adalah menjaga jarak dengan pembeli yang lain. Kita dapat menunggu di kendaraan atau dari jauh ketika ada beberapa pembeli lain sehingga akan mengurangi kepadatan dan kemungkinan kita kontak dengan pembeli lain.

Nah, setelah berbelanja dan mendapatkan takjil yang diinginkan, usahakan langsung pulang ke rumah. Jangan lupa cuci tangan, cuci kaki, dan bersiap untuk berbuka puasa.

Dengan mempraktikan cara-cara di atas, harapannya kalian bisa lebih berhati-hati lagi untuk keluar rumah membeli takjil. Hal ini selain untuk memenuhi keinginan, membeli takjil ditengah kondisi wabah Covid-19 juga secara tidak langsung membantu mereka yang memang pendapatannya bergantung dari hasil penjualan di bulan Ramadhan ini. Selamat berpuasa!

Penulis: Rizka Azzahra Natasha/Bul
Editor: Muhammad Ridho Affandi/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here