Melihat Kampanye Tolak RUU Cipta Kerja Melalui Twitter

Beberapa hari yang lalu, Aliansi Rakyat Bergerak bekerja sama dengan berbagai aliansi mahasiswa lintas universitas di Yogyakarta mengadakan Mosi Parlemen Jalanan dalam rangka menolak penetapan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law di pertigaan Gejayan, Senin (9/10). Hujan yang sempat turun beberapa kali pun tak meredupkan semangat massa aksi untuk menyuarakan pendapatnya melalui orasi – orasi yang dikumandangkan sampai aksi berakhir.

Walaupun Mosi Parlemen Jalanan di hari itu telah berakhir, semangat massa aksi terus berlanjut karena aksi penolakan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Cipker) dapat kita lihat melalui media sosial.  Penolakan RUU Cipker masih dilambungkan warganet di berbagai media sosial, khususnya Twitter. Tagar #GejayanMemanggilLagi melambung tinggi menjadi trending di Indonesia selama beberapa hari ini.

Saat tulisan ini ditulis, tagar #GejayanMemanggilLagi digunakan sebanyak 497.000 kali oleh 459.000 pengguna akun Twitter. Penggunaan tagar tersebut mendapat respons dari 70.600.000 pengunjung Twitter, yang meningkatkan indeks ketertarikan penggunaan tagar #GejayanMemanggilLagi menjadi 100 pada 9 Maret 2020.

Dikutip dari keyhole.co bahwa aktivitas pengunaan tagar #GejayanMemanggilLagi di Twitter sempat melonjak pesat pada kurun waktu 17.00 – 20.00 WIB, 9 Maret 2020.

Dalam perbincangan yang ramai itu, beberapa cuitan tersebut dapat dirangkum sebagai berikut:

“Sementara para buzzerp berotak dangkal dan berlumut, mencoba memeras otak untuk memfitnah demonstran di jalan Gejayan, para demonstran menyanyi lagu perjuangan dengan riang,” cuit akun @Puthutea.

“Kalian bergerak di jalan kami bergerak di medsos,” kicau akun @rachman_36.

#GejayanMemanggilLagi adalah tanda bahwa negara ini sedang tidak baik-baik saja dan tanda memperbesar kemungkinan bahwa [harus] akan ada aksi lebih besar lagi,” tulis akun @rivanlee.

“Someday, i will tell my children that i tried to fight for what’s right and it felt noble. Jangan diam, terus lawan,” posting akun @SudrajatSutra

Penulis: Desi Y, Hafis Ardhana / Affandi/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here