FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG APRIL MOP, HARI JAHIL SEDUNIA

april_mop

Coba bayangkan — teman-teman dijanjikan barang bagus yang hari ini dapat diambil, namun ternyata yang ada hanyalah orang-orang yang berteriak “APRIL MOP!!”. Wah, ternyata teman-teman telah ditipu. Rasanya menyebalkan, ya? Begitulah suasana kejahilan yang mengisi Hari April Mop (April Fools Day) yang jatuh pada tanggal 1 April setiap tahun. Meski bukan hari libur, April Mop tetap menjadi hari yang spesial bagi masyarakat dunia. Pasalnya, berbagai keisengan dan tipuan seakan diperbolehkan untuk dilakukan pada siapa saja dan di mana saja untuk kesenangan bersama. Maka, April Mop juga sering diperingati sebagai hari di mana keluarga dan teman-teman bisa berbahagia bersama.

Namun, mengapa tanggal 1 April menjadi hari perayaan keisengan sedunia, ya? Bagaimana dengan perayaan April Mop di belahan dunia lain, apakah berbeda dengan Indonesia? Daripada sebal terus, yuk kita kulik fakta-fakta unik tentang April Mop! Dijamin deh, yang ini bukan tipu-tipu, hehehe :))

Bagaimana tradisi april mop bermula?

Sebenarnya, tradisi di mana orang-orang melakukan hal konyol selama sehari telah tercatat sejauh dari tahun 1503 di Eropa. Maka, belum ada sumber yang jelas mengatakan kapan tradisi April Mop bermula. Tetapi, salah satu penjelasan yang paling dipercaya mengungkapkan bahwa tradisi April Mop bermula di Prancis pada tahun 1582. Kala itu, Prancis baru saja menerapkan kalender masehi sebagai pengganti kalender julius, namun tidak semua masyarakatnya tahu akan hal ini. Sebagian masyarakat masih mengira bahwa tahun baru jatuh pada tanggal 1 April, padahal kalender masehi sudah mengubahnya menjadi tanggal 1 Januari. Alhasil, masyarakat yang tidak tahu menjadi bulan-bulanan masyarakat yang tahu. Tradisi ini pun meluas di Eropa, dan mendunia.

Bagaimana April Mop dirayakan di berbagai belahan dunia?

Di Prancis, anak-anak merayakan April Mop dengan menempelkan gambar ikan di punggung seseorang, dan disebut Poisson d’Avril (Ikan April). Gambar ikan ini menunjukkan bahwa orang tersebut mudah ditipu. Di Polandia, ada sebuah tradisi bernama prima aprilis (1 April.) Tradisi ini mengikutsertakan masyarakat dan media untuk membuat sebuah lelucon dan tipuan berskala cukup besar, namun berlangsung hingga siang hari saja. Di sisi lain, negara-negara Asia seperti Jepang dan Indonesia tidak memiliki tradisi khusus terkait April Mop.

Lelucon April Mop mana yang paling terkenal?

Salah satu keisengan April Mop yang paling terkenal datang dari saluran media BBC pada tahun 1957, juga dikenal dengan Great Spaghetti Harvest of 1957. Saat itu, mereka menayangkan berita bahwa sebuah kota di Swiss bernama Ticino sedang mengalami panen spaghetti yang sangat besar. Pemirsa BBC pun bingung ketika mereka akhirnya sadar tidak bisa menanam spaghetti sendiri di rumah.

Wah, menarik sekali, ya! Siapa sangka kalau dahulu tahun baru terjadi di tanggal 1 April? Tingkah laku manusia memang lucu ya, teman-teman. Oh iya, berbicara soal keisengan, tentu saja kita boleh bercanda ria dengan teman-teman dan keluarga, terlebih lagi dalam rangka April Mop ini. Namun, jangan sampai keisengan kita merugikan orang lain, ya. Satu lagi, tetaplah bijak dalam menyikapi berita-berita yang dibaca ya, teman-teman.

Jadi, sudah siap berbuat iseng?

Sumber: history.com

APRIL MOP!

Fakta-fakta Unik tentang Hari Jahil Sedunia

Check it out!

  1. April Mop (April Fools’ Day) adalah sebuah perayaan yang diisi dengan menyebarkan lelucon praktis dan kejahilan.
  2. Tradisi April Mop dipercaya lahir dari Prancis pada tahun 1582, dan berhubungan dengan pergantian kalender di sana.
  3. Banyak negara yang memiliki tradisi perayaan April Mop sendiri. Prancis punya tradisi poisson d’Avril, Polandia punya tradisi prima aprilis, dan Skotlandia punya tradisi Huntigowk Day.
  4. Salah satu lelucon April Mop yang paling terkenal adalah Great Spaghetti Harvest of 1957 yang dilakukan oleh BBC. Mereka menayangkan sebuah liputan yang menunjukkan spaghetti sedang dipanen dari pohon dalam jumlah besar.
  5. Selain April Mop, terdapat pula hari-hari lain yang memiliki tradisi kejahilan di beberapa negara. Contohnya Día de los Santos Inocentes di Spanyol dan Filipina, dan Sizdah Bedar di Iran.

Penulis: Radifan/bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here