Sedikit Cerita dari Pesta Demokrasi UGM

Ilus: Riza/Bul

Mahasiswa UGM sedang melakukan pesta demokrasi untuk menentukan Presiden BEM. Pihak yang menjadi penanggung jawab pesta demokrasi tersebut adalah KPUM. Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) merupakan badan independen yang bertugas untuk menyelenggarakan Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa). Irham Kahfi (Ilmu Sejarah’17) terpilih selaku ketua KPUM tahun ini.

Berlanjut soal Pemilwa untuk menentukan presiden BEM, telah terpilih tiga calon kandidat. Awalnya ada empat bakal calon, namun dalam penetapannya, hanya ada tiga calon. Ketiga calon didukung oleh partai mahasiswa. Sementara untuk jumlah partai mahasiswa yang maju pesta demokrasi telah ada  7 partai.

Calon presiden BEM harus mengikuti salah satu program kerja KPUM bernama tour de faculty. Tujuannya untuk  mengenalkan Capres (Calon Presiden) ke mahasiswa di fakultas-fakultas. Selain itu, KPUM juga menyelenggarakan debat. Debat tersebut rencananya akan dilaksanakan dua kali, satu kali di klaster soshum dan sisanya di klaster saintek.

KPUM selalu berusaha agar pemilih setiap tahunnya selalu bertambah karena antusiasme mahasiswa dalam Pemilwa masih sangat rendah. Pada tahun sebelumnya, dari 92.000 mahasiswa yang ada, hanya sekitar 9.000-11.000 saja yang memilih. Jumlah tersebut sangat disayangkan karena belum mencapai separuh dari jumlah keseluruhan mahasiswa UGM.

Pesta demokrasi UGM memperoleh teror, panitia Pemilwa menemui aksi-aksi kurang menyenangkan dari pihak yang tidak diketahui. Ada mahasiswa yang melempari kesekretariatan dengan batu, mangga, atau benda lainnya. Sehingga panitia melakukan antisipasi melalui upgrading staff, sekolah politik, dan talkshow untuk internal. KPUM berharap mahasiswa dapat bergabung dalam keseruan Pemilwa di setiap rangkaian acaranya. Selain itu, mereka juga berharap untuk selalu mendukung langkah kerja panitia.

Penulis: Nada Khansa, Hafis Fian, Vidya Viveka, Nafi’ Khoiriyah, Salsa/Bul
Editor: Hadafi Farisa/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here