Galang Dana, Relawan UGM Adakan Minggu Berbagi

Galang Dana
Foto: Aulia Hafisa/Bul

Hampir sebulan berlalu, guncangan gempa dan tsunami Sulawesi Tengah masih belum lepas dari ingatan kita. Menanggapi bencana tersebut, Relawan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan galang dana bertajuk Minggu Berbagi pada Minggu (14/10/18).

Panggung yang menghadap utara berdiri di halaman Selasar Balairung Gedung Pusat UGM. Tidak jauh dari panggung, lima buah stan tampak menjajakan karya dan makanan. Salah satu stan menjajakan hasil lukisan Unit Seni Rupa (User) UGM berbentuk post card. Disebelahnya, terdapat jasa menggambar wajah oleh seniman gores garis. Sisa keuntungan mereka akan disumbangkan untuk korban bencana alam.

Pengunjung tidak hanya disuguhkan stan, melainkan hiburan dari berbagai macam band lokal Jogjakarta maupun band UGM. Salah satunya adalah De-Next G. Band perkumpulan dosen ini membawakan berbagai lagu lawas seperti galih dan ratna. Hal ini membuat pengunjung bernyanyi bersama tanpa dipandu.

Disela-sela penampilan, pembawa acara tidak henti-hentinya mengingatkan stan donasi dan pendaftaran relawan. “Untuk yang mau donasi stannya di sebelah kanan sana. Untuk yang mau daftar relawan batch 2 juga bisa di sana karena fyi relawan dari batch satu sudah berangkat Jumat kemarin, siapa tahu ada yang mau nyusul,” ungkap Tiarra Dya (Fisipol’14) selaku pembawa acara sore itu.

Acara amal malam tersebut merupakan langkah awal Relawan Mahasiswa UGM dalam misi keberlanjutan untuk membantu pemulihan Sulawesi Tengah. Fahrul Islam (Hukum’14) selaku project manager menuturkan, cara yang dilakukan para Relawan cenderung efektif dan kreatif. “Kami ada website dan media sosial yang bisa dilihat secara real time baik jumlah uang atau logistik yang masuk,” tutur Fahrul.

Dalam perjalanannya, Relawan Mahasiswa UGM bekerjasama dengan Kagama Care. Sebelum menyalurkan bantuan, tim tersebut melakukan asesmen sehingga paham kebutuhan apa saja yang diperlukan di lapangan. Contohnya adalah selimut, sprei, dan bahan makanan. Namun, bagi para donatur yang ingin memberi bantuan lain seperti pakaian bekas tetap diterima. Selanjutnya, barang-barang tersebut akan dijual untuk dibelikan barang yang dibutuhkan di lapangan.

Acara minggu berbagi merupakan salah satu rangkaian kegiatan Mahasiswa Relawan dalam membantu pemulihan korban bencana. Selanjutnya, mereka mendirikan posko relawan yang berada di Gelanggang Mahasiswa. Di sana, masyarakat dapat menyumbangkan uang atau logistik yang nantinya akan disalurkan melalui Kagama Care.

Penulis: Aulia Hafisa/Bul
Editor: Hadafi Farisa/Bul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here