Dimulainya euforia PPSMB Palapa 2018

Foto: DDD PPSMB 2018

Pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Palapa 2018 Universitas Gadjah Mada menghadirkan penampilan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini mengangkat tema “Bersatu UGM, Bersatu Nusantara, Indonesia Jaya” yang dihadiri sekitar 9125 mahasiswa baru. PPSMB Palapa UGM merupakan salah satu event terbesar yang diselenggarakan oleh mahasiswa UGM dengan total 664 panitia dan bisa disaksikan untuk umum.

Pembukaan PPSMB Palapa 2018

Pembukaan diawali dengan upacara bendera dan pemukulan gong untuk menandai pembukaan dan peresimian PPSMB Palapa. Setelah itu dilakukan penampilan dari UKM SAKA, dengan menunjukan keragaman khas daerah masing masing asal mahasiswa yang berkuliah di UGM. Beberapa Mahasiswa angkatan 2018 juga ikut berpartisipasi untuk menunjukkan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah kampus yang berisi mahasiswa dari seluruh tempat di Nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Kemudian, dilakukan orasi kebangsaan oleh Mahfud MD yang merupakan Alumni Universitas Gadjah Mada jurusan sastra Arab. Salah satu kalimat yang dapat dikutip dari orasi kebangsaan tersebut adalah tentang keberagaman Indonesia, “tetapi Tuhan yang maha kuasa menciptakan kita berbeda – beda. Maka bersatulah dalam perbedaan – perbedaan itu.”

Setelah dilakukan Orasi Kebangsaan PPSMB Palapa menghadirkan penampilan UKM Marching Band UGM. Dilanjutkan dengan penampilan dari Gadjah Mada Robotic Team (GMRT),GAMAFORCE dan display UKM.

Foto: Musa/Bul

Kesan ‘seru’ di PPSMB 2018

Para mahasiswa baru didudukan dengan formasi dan membentuk tulisan “PPSMB UGM 2018 SANG JUARA” di Lapangan Pancasila. Dengan menggunakan warna dasar biru yang merupakan ciri khas PPSMB Palapa yang dilakukan tiap tahunnya dengan text dan tema yang berbeda-beda.

Zulfa dari jurusan Teknik Geodesi memberikan kesannya terhadap PPSMB tahun ini “seru dan bagus untuk pengenalan mahasiswa baru. Seru orasi dari bapak mahfud md bercita-cita jadi profesor dan bekerja disini.”

Farhan dari jurusan Ilmu Komputer berpendapat “opening ceremony ini Keren kak, beda dari pandangan ospek pada umumnya. Malah kakak tingkatnya menganggap kami sepantaran. Dan saya ingin masuk UGM karena dikenal merakyat pada orang-orang. Saya ingin lebih mendekatkan diri pada masyarakat nantinya”

Menurut Subkoor Acara PPSMB (Cherie, Teknik Industri 16), persiapan oleh anak acara untuk menyiapkan ini dimulai dari akhir April. Sebanyak 664 panitia PPSMB menyiapkan pembukaan dan peresmian lalu orator. Menyusun gugus , menyusun formasi (caping). Harapannya, perjuangan sejak lima bulan lalu membuahkan hasil yang sukses. Cherie juga berharap, mahasiswa baru menjadi gamada kreatif, inovatif, cerdas, dan mampu berfikir kritis.

PPSMB Palapa yang merupakan kegiatan wajib tiap tahunnya untuk Mahasiswa Baru (Maba) ini ternyata meninggalkan kesan-kesan menarik dari masing-masing mahasiswa. Pembukaan yang dilakukan pada 6 Agustus 2018 lalu berjalan dengan baik dan sukses. PPSMB yang dilakukan selama total 6 hari ini akan ditutup pada 11 Agustus 2018 mendatang di Lapangan Pancasila UGM.

Lalu, kira-kira formasi final apa ya yang akan dipersembahkan Mahasiswa Baru dan segenap Panitia PPSMB Palapa 2018 nanti?

 

Penulis: Tio A, Ario/Akyunia Labiba/Bul