Launching Film “Sadjito dalam Lukisan Revolusi”

Rektor UGM Panut Mulyono saat me-launching film ‘Sardjito dalam Lukisan Revolusi’ di Balai Senat UGM. (Foto: Desi/Bul)

Meggambarkan mengenai peran Sardjito selama masa revolusi dalam kurun tahun 1945-1949,  film dokumenter ini berhasil mengundang para civitas academica dan khalayak umum untuk datang ke dalam acara Launching Film & Art Performance ‘Sardjito dalam Lukisan Revolusi’ di Balai Senat UGM, Rabu (18/07).

Dalam sambutannya, Rektor UGM, Panut Mulyono menyampaikan melalui film ini, keteladanan, perjuangan, Prof Sardjito yang luar biasa serta kreativitasnya di berbagai dimensi sebagai ilmuwan, pahlawan, dan seorang pendidik dapat diketahui bersama. “Film ini menggali sebuah informasi terkait sosok Prof Dr Sardjito pada masa almarhum masih hidup dengan segala perjuangannya,” ujar Panut.

Film yang diproduksi oleh bagian Arsip UGM ini menggambarkan sosok lain Sardjito dari yang selama ini kita ketahui sebagai salah seorang pendiri sekaligus rektor pertama UGM. Dimulai dari perjuangan Sardjito saat memindahkan Institut Pasteur, penghasil vaksin serta obat-obatan utama kala itu, dari Bandung menuju Klaten, hingga keterlibatan beliau selama perang gerilya sebagai pusat logistik serta medis bagi rakyat yang mengungsi serta pasukan Indonesia yang ikut berperang.

Musliichah, salah seorang yang terlibat dalam pembuatan film ini, mengatakan bahwa tujuan utama pembuatan film dokumenter ini adalah untuk menggambarkan sisi lain Sardjito sebagai seorang pejuang. “Melalui gambaran dalam film ini kita akan tahu bahwa Sardjito juga mempunyai keterlibatan langsung dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ungkap perempuan yang akrab dipanggil Ika ini.

Selain melakukan pemutaran film, acara launching ini juga mengadakan live art performance berupa pelukisan wajah Sardjito oleh komunitas Nujes Tujes, Jaring Budaya Yogyakarta. (Foto: Desi/Bul)

Trailer : https://ugm.ac.id/id/video/43-sardjito.dalam.lukisan.revolusi

Penulis: Muhammad Ridho Affandi/Bul