Mahasiswa Filsafat UGM Teliti Ormas Pemuda Pancasila di Kota Medan

Tiga mahasiswa Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu tim PKM-PSH lolos didanai oleh Kemenristekdikti atas nama Muhammad Dhio Afriza selaku ketua, serta Rofi’ dan Fatimatuz Zahra selaku anggota melakukan penelitian mengenai dominasi Ormas Pemuda Pancasila di Kota Medan, khususnya dalam hal pembentukan iklim politik di Kota Medan. Topik penelitian ini dipilih karena Ormas Pemuda Pancasila di Medan memiliki historisitas yang kuat di tingkat regional maupun nasional serta dapat mempertahankan eksistensinya sebagai ormas kepemudaan yang memiliki kesan”tangguh” di tengah-tengah masyarakat Medan hingga saat ini.

Penelitian tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-17 Mei 2018 di kota Medan, Sumatera Utara dengan sasaran informan narasumber-narasumber utama, yaitu pengamat politik serta pengurus Ormas Pemuda Pancasila di Medan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam bentuk apa serta sejauh mana dominasi yang dilakukan oleh Ormas Pemuda Pancasila terhadap masyarakat sekitar serta apakah Ormas Pemuda Pancasila turut andil dalam membentuk iklim politik di Kota Medan.

Untuk menelisik bentuk dominasi yang dilakukan oleh Ormas Pemuda Pancasila di Medan, peneliti melakukan observasi dan wawancara terhadap masyarakat yang melihat/terdapampak oleh kegiatan Pemuda Pancasila, serta mengklarifikasi kepada pengurus Pemuda Pancasila daerah setempat terkait pernyataan-pernyataan masyarakat. Peneliti juga melibatkan pengamat politik ahli untuk melihat dominasi dan tingkat keterpengaruhan masyarakat di kota Medan terhadap Ormas Pemuda Pancasila. Di samping itu, hasil dokumentasi serta digunakan peneliti mendukung data yang didapatkan di lapangan.

“Setiap orang dalam prinsip politik yang paling penting aman damai. Ketika ada pressure dari Pemuda Pancasila, masyarakat memilih untuk tidak mencampuri urusannya. Karena pressure yang dijalankan dengan Pemuda Pancasila tidak dengan cara kekerasan” Ungkap Agus Suryadi, pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara ketika ditanya mengenai potensi keterpengaruhan masyarakat terhadap dominasi.

Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran serta pertimbangan kepada pemerintah maupun masyarakat dalam melihat fenomena politik serta dominasi kekuasaan yang dilakukan oleh ormas tertentu di Indonesia.

Penulis: Fatimatuz Zahra/Bul