Motivasi Pemuda untuk Indonesia

AISEC UGM menyelenggarakan wadah untuk memotivasi pemuda Indonesia.

AIESEC in Universitas Gadjah Mada menggelar Youth Speak Forum Yogyakarta 2018 yang dilaksanakan Sabtu (12/05) di University Club Hotel, Universitas Gadjah Mada. Tahun ini,  Youth Speak Forum  Yogyakarta mengusung tema Activiting Youth Through Socio-Cultural Technology. Dalam konferensi pers, Chaisar Ahmad, ketua panitia menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan untuk  memberi motivasi kepada pemuda Indonesia agar memberi dampak positif kepada masyarakat.

Acara ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu sesi inspiring dan sesi workshop. Sesi inspiring yang diisi oleh Kevin Liliana (Miss International 2017), Septriana Tangkary  (Direktur Pemberdayaan Industri Informatika), dan Sayed Muhammad (Founding CEO Local.co.id). Sesi workshop yang terdiri dari digital marketing yang akan diisi oleh Ossy Indra Wardhani (Head of Marketing & Corporate Relations dari GDP Venture), product development akan diisi oleh Guntur Sarwohadi (Head of Product dari Digitaraya), dan UI/UX (User Inteface/User Experience) design yang akan diisi oleh Arianti Sylvia (Digital Product Desainer dari EMTEK).

Acara ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh peserta yang hadir, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh pihak terkait. Sambutan pertama disampaikan oleh Kaisar Ahmad selaku Ketua Panitia, sambutan kedua disampaikan oleh Dr I Made Andi Arsana, ST, ME, pembina AIESEC UGM, dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Septriana Tangkary SE, MM, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika.

Setelah sambutan oleh ketiga pihak, acara dilanjutkan dengan sesi inspiring. Dalam pembahasannya, Kevin Liliana menyampaikan betapa pentingnya budaya kita dikenal oleh masyarakat luar negeri. Dalam penyampaian Kevin, ia menceritakan bagaimana hal sederhana seperti menyampaikan kata maaf, tolong, dan terima kasih menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa lain. Ditemui Bul, setelah sesi inspiring, Kevin menyampaikan bahwa sesungguhnya, setiap orang harus keluar dari zona nyaman “Kita harus berani keluar dari zona nyaman, karena kehidupan yang sesungguhnya ada di luar sana,” ujar Kevin.

Selanjutnya Septriana Sangkary memberikan penjelasan mengenai pentingnya teknologi di segala bidang kehidupan terutama bidang ekonomi. Saat ini, kemudahan teknologi membuat kita bisa menjadi siapapun. Artinya, jika kita ingin memulai sesuatu hal, kita bisa memulai dari hal kecil seperti menggunakan gawai. Hari ini, bukan mimpi lagi jika pemuda bisa memimpin sepuluh atau dua puluh tahun kedepan,” ungkap Sptriana dalam konferensi pers. Menyambung, Sayed Muhammad memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar berani berinovasi agar produk-produk dalam negeri bisa bersaing di pasaran.

Sesi berikutnya dilaksanakan tanya jawab antara pembicara dan peserta. Dalam sesi ini, peserta diperkenankan bertanya apapun kepada pembicara. Setelah itu peserta diperkenankan istirahat dan  menikmati hidangan yang telah disediakan. Setelah coffe break, acara dimulai kembali dengan rangkaian workshop.

Penulis: Septiana  Hidayatus dan Teresa Widi
Editor: Hadafi Farisa