Bandung: Paris van Java, Alternatif Wisata Ala Eropa

B

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Bandung dapat dijadikan destinasi wisata keluarga ala Eropa.

Siapa yang tidak kenal Paris? Ibukota Prancis, Eropa yang terkenal di dunia ini memang merupakan destinasi wisata impian dengan segala keindahan dan keeksotisannya—mulai dari sejarah, kesenian, kebudayaan, kuliner hingga mode. Bila belum mempunyai budget yang cukup, tak perlu jauh-jauh ke Eropa karena eksotisme Paris dapat dinikmati di Indonesia. Alternatif ini dapat dinikmati di Kota Bandung yang terkenal sebagai “Paris van Java”.

Kota bersejarah

Bandung terkenal dengan kota yang menyimpan segudang sejarah Indonesia sejak masa penjajahan. Maka dari itu jika kita berkunjung ke Bandung, banyak sekali bangunan-bangunan tua yang sudah ada sejak zaman Belanda. Misalnya Gedung Merdeka yang berada di Jalan Asia-Afrika yang merupakan tempat diselenggarakannya konferensi Asia-Afrika. Ada pula Museum Konferensi Asia-Afrika yang menyimpan benda-benda bersejarah. Selain itu, terdapat lokasi wisata lain yang dapat dikunjungi untuk lebih mengenal sejarah kota ini, antara lain Museum Geologi, Museum Sri Baduga, Monumen Bandung Lautan Api, Gedung Sate, Goa Belanda, dan Goa Jepang.

Wisata kuliner

Bandung terkenal dengan kulinernya yang khas dan beragam. Makanan sunda menjadi rekomendasi karena mayoritas penduduk kota Bandung adalah Etnis Sunda. Contoh makanan sunda yang dapat dicicipi misalnya karedok, nasi timbel, nasi liwet, lotek, nasi tutug oncom, gepuk, pepes, sayur asem, dan sate maranggi. Bandung juga memiliki makanan khas yang beberapa namanya pasti sudah tidak asing di telinga kita. Makanan-makanan ini diberi nama berdasarkan singkatan dari bahannya atau cara membuatnya misalnya comro (oncom di jero), misro (manis di jero), cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), cimol (aci dikemol), gehu (toge & tahu), batagor (baso tahu digoreng), dan sebagainya. Selain itu makanan sunda lain yang tak boleh dilewatkan yaitu awug, surabi, tahu gejrot, tahu sumedang, seblak, gemblong, bandros, dan lain-lain.

Wisata belanja dan rekreasi

Bandung juga dapat dijadikan tujuan wisata belanja. Hal tersebut dikarenakan kota yang dijuluki fashion city ini terdapat banyak pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai jenis fashion seperti pakaian, sepatu, tas serta berbagai macam cindera mata yang menarik minat wisatawan. Bandung juga terkenal dengan keberadaan factory outlet yang terdapat di kawasan Jalan Braga, Jalan Riau, Alun-Alun Bandung, dan Cihampelas. Ada pula Cibaduyut yang terkenal dengan produksi sepatunya dan juga Rumah Mode yang merupakan factory outlet terbesar di Bandung. Pusat perbelanjaan yang terkenal di antaranya, Istana Plaza Bandung, Bandung Indah Plaza, Paris Van Java Mall, Cihampelas Walk, Trans Studio Mall, dan Metro Trade Centre. Selain menikmati aktivitas berbelanja, di Bandung juga terdapat berbagai macam tempat rekreasi dengan berbagai konsep yang unik, baik yang buatan maupun yang bersatu dengan alam, seperti Trans Studio Bandung, Kampung Gajah, Dago Dream Park, Farmhouse Lembang, Bandung Treetop Adventure Park, De Ranch, Floating Market, dan beragam lainnya.

Kebudayaan dan Kesenian

Bandung merupakan kota yang memiliki kebudayaan dan kesenian tradisional Sunda. Destinasi wisata yang memperkenalkan kesenian dan kebudayaan sunda misalnya Saung Angklung Udjo. Di sini, kita bisa melihat cara pembuatan angklung yang merupakan alat musik tradisional sunda, pertunjukan musik, tari, dan wayang golek. Selain itu, di sini terdapat berbagai kerajinan berupa mainan yang terbuat dari bambu seperti gasing, pletokan bambu, dan othok-othok. Ada juga destinasi wisata bagi para pecinta seni yang tertarik untuk melihat beragam koleksi seni dari para seniman di Bandung antara lain Imah Seniman Lembang, Salian Art Space, dan NuArt Sculpture Park.

Resort dan Kafe

Lokasi kota Bandung yang dikelilingi pegunungan terkenal dengan nuansa alam yang asri sehingga banyak tempat wisata yang menggunakan konsep tersebut untuk menarik minat wisatawan. Salah satunya adalah beberapa resort unik yang memiliki nuansa alam yang nyaman dan cocok sebagai tempat beristirahat dan bersantai, antara lain Cikole Jayagiri Resort, Sapu Lidi Resort, dan Maribaya Natural Hot Spring & Resort. Ketiganya berlokasi di Lembang yang memiliki udara sejuk khas pegunungan. Selain tempat-tempat bernuansa alam, di Bandung terdapat juga berbagai resort dan hotel modern ala Eropa. Bandung juga memiliki banyak kafe dengan berbagai konsep yang unik sehingga menambah ciri khas nuansa Paris pada kota ini.

Referensi:
https://m.traveloka.com/activities/indonesia/city/bandung-103859
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung
http://wisatabaru.com/wisata-lembang-bandung-2017/
http://tempatwisataindonesia.id/amp/makanan-khas-sunda/

Penulis: Tesya Imanisa/Namira Putri/Bul
Editor: Anggun Dina PU/Bul
Foto: Tesya/Bul

Oleh Divisi Redaksi

Rubrikasi