Diet Populer, Amankah?

Diet Populer, Amankah.Ilus: Devina/Bul

Banyak sekali metode diet untuk menurunkan berat badan, salah satunya metode diet popular.

Banyak remaja yang menginginkan berat badan ideal dan tubuh langsing. Namun, hal tersebut tampaknya sulit dicapai karena pola hidup yang tidak sehat. Belakangan ini diet populer dianggap solusi dari permasalahan tersebut. Tetapi, apakah diet populer yang dijalankan selama ini aman bagi tubuh?

Dambaan tubuh ideal

Dewasa ini, banyak remaja yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Salah satu cara yang dianggap mampu mewujudkan impian mereka adalah dengan melakukan diet. Salah satu faktor yang memengaruhi bentuk tubuh ideal seseorang adalah berat badan, sehingga banyak yang melakukan diet popular untuk memiliki bentuk tubuh sesuai dambaan.

Bentuk tubuh yang ideal bisa diperoleh dengan cara makan makanan bergizi seimbang, menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan lain-lain. Namun, masih banyak remaja yang belum memperhatikan apa yang mereka makan, malas berolahraga, tidur tidak cukup, dan pola hidup tidak sehat lainnya. Penyebabnya bermacam-macam, seperti tidak memiliki waktu untuk berolahraga karena tuntutan pekerjaan ataupun tugas dan menganggap makanan instan sebagai makanan yang praktis untuk sekadar menghilangkan rasa lapar. Meskipun begitu, berat badan ideal dan tubuh yang langsing tetap menjadi idaman bagi remaja.

Diet populer

Diet populer merupakan cara diet yang dapat menarik hati masyarakat terutama remaja karena dapat dilakukan dalam waktu singkat. Secara umum, diet populer menjanjikan penurunan berat badan yang cepat tanpa melakukan banyak aktivitas, menghindari atau memperbanyak konsumsi makanan tertentu, dan terkadang disarankan untuk mengonsumsi suplemen.

Ada jenis diet populer yang tenyata memiliki efek samping bagi tubuh seperti diet rendah karbohidrat. Diet jenis itu dapat menyebabkan tubuh kekurangan serat, pusing, lemas, dan sulit berkonsentrasi. Ada juga jenis diet yang belum ada penelitiannya secara ilmiah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan seperti diet golongan darah.

Solusi mencapai berat ideal

Dalam beberapa kasus, ada orang yang mengikuti diet ekstrem untuk menurunkan berat badannya seperti diet kapas, diet cacing pita, dan diet es. Cara diet tersebut dapat membahayakan tubuh karena tubuh dapat kekurangan zat gizi yang dibutuhkan sehingga kesehatan orang yang menjalani diet tersebut akan terganggu.

Jika ingin melakukan metode diet tertentu, solusi yang tepat dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berkonsultasi kepada dokter atau pun ahli gizi, menyempatkan waktu untuk berolahraga, perbanyak minum air putih, dan menjaga kecukupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan melakukan hal tersebut, tidak hanya mendapatkan berat badan ideal dan tubuh langsing tetapi juga mendapatkan tubuh yang sehat.

Referensi:

https://www.ruled.me/side-effects-low-carb-diet/
https://www.livestrong.com/article/550915-can-a-low-carb-diet-make-ones-urine-smell-bad/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/5-diet-paling-berbahaya/
https://dietsehat.co.id/cara-diet-ekstrim

Penulis: Andira Putra/Bul
Editor: Anggun Dina/Bul

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here