Surga Alam Tersembunyi di Ujung Selatan Sumatera

Foto: Endang Guntoro

Menjelajahi Sumatera memang tak ada habisnya. Mulai dari Danau Asam, Danau Lebar, Danau Minyak, hingga Keramikan, semua bisa dikunjungi.

Tempat wisata yang menawarkan pesona keindahan alam nampaknya tidak bisa dihitung lagi jumlahnya. Namun, tempat wisata yang bisa menghadirkan paket lengkap panorama keindahan alam dalam satu lokasi bisa dihitung dengan jari. Salah satunya terletak di Suoh. Suoh merupakan nama kecamatan yang berjarak sekitar 250 km dari Kota Bandar Lampung, terletak di Kabupaten Lampung Barat. Kawasan ini termasuk ke dalam salah satu wilayah yang dikelilingi oleh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Akses perjalanan

Wisatawan dapat memulai akses perjalanan dari Bandar Lampung menuju Resort Balik Bukit yang terletak di Pekon, Desa Kubu Prahu, Kecamatan Balik Bukit. Setibanya di Resort Balik Bukit, terdapat kantor di mana semua informasi mengenai kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan bisa didapatkan.

Dilanjutkan dengan perjalanan darat dari Resort Balik Bukit menuju Resort Suoh. Rute ini membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam lamanya lalu dilanjutkan perjalanan ke Kecamatan Kota Agung, Tanggamus, Lampung. Selama perjalanan menuju ke Kecamatan Kota Agung, wisatawan akan melewati Jalan Lintas Liwa Sekincau yang memberikan nuansa berbeda. Rumah-rumah panggung yang masih asli dan terawat mendominasi pemandangan sepanjang jalan. Barang-barang peninggalan dan silsilah keluarga kerajaan Adat Paksi Pak Skala Bragh, Lampung Kepaksian Pernong seolah mengingatkan lagi tentang sejarah negeri.

Perjalanan berakhir di Pos Resort Suoh, sebuah bangunan sederhana yang menyajikan pemandangan danau-danau dan perbukitan yang hijau. Perjalanan ini tak akan sia-sia ketika wisatawan sampai di sini.

Wisata alam

Kawasan Suoh menawarkan banyak produk alam, salah satunya ialah Danau Asam, tidak jauh dari Pos Resort Suoh dan dikelilingi perbukitan hijau yang masih asri. Nama Asam dari danau ini diberikan karena air danau yang terasa sedikit asam. Danau ini memiliki luas sekitar 160 hektar, sangat tenang, dan masih alami.

Masih di sekitar Danau Asam, terdapat Danau Lebar dan Danau Minyak. Kata “lebar” pada Danau Lebar, diberikan karena danau ini tampak luas. Sementara kata “minyak” pada Danau Minyak diambil karena airnya yang tampak seperti mengandung minyak. Pemandangan semakin elok karena di sekitar kedua danau ini dipenuhi hamparan padang rumput yang luas. Danau-danau tersebut adalah bagian dari hasil letusan gunung api yang membentuk mangkok vulkanik sehingga terbentuklah danau.

Keunikan dari wisata alam Suoh ialah Letusan atau Pletusan. Waktu tempuh ke lokasi ini sekitar 20 menit dengan berkendara dari Danau Lebar dan Danau Minyak. Kawasan ini dipenuhi aktivitas vulkanik berupa letupan-letupan lumpur panas berbau belerang.

Lokasi selanjutnya ini diberi nama Keramikan karena permukaan lantainya mengkilat berwarna kuning keemasan seperti keramik. Lantai tersebut berasal dari lahar yang membeku. Selain keramikan, di sudut lain asap-asap solfatara keluar seperti letusan gunung api dalam ukuran yang lebih kecil. Asap-asap ini keluar dari lantai keramik yang basah. Di sekitar Keramikan terdapat pula danau air panas yang mengandung belerang. Sungguh, ini semua surga di Sumatra bagian selatan.Semua hasil aktivitas vulkanik tersebut dihasilkan dari sisa letusan Gunung Loreng pada masa lampau.

Selain potensi di atas, jika berjalan-jalan lebih jauh lagi wisatawan dapat menemukan lokasi-lokasi yang lebih menarik, yaitu Pasir Kuning, Letusan Besar, dan Sungai Air Panas. Banyaknya keindahan wisata alam di Kawasan Suoh dapat membunuh rasa penat selama beraktivitas di hari kerja. Meskipun perjalanan menuju lokasi memang tidak mudah, tetapi rasa lelah setelah menempuh perjalanan ini dapat terbayarkan dengan pesona keindahan alamnya.

Penulis: Tio Ardiansah/ Teresa Widi/Bul
Editor: Ulfah Heroekadeyo/Bul

 

Referensi:

Mohammad Yanuar Firdaus. 21 Tempat Wisata Alam di Lampung yang Memukau dan Tiada Duanya. Trip Canvas Indonesia, diakses 1 Januari 2018. https://indonesia.tripcanvas.co/id/sumatra/tempat-wisata-alam-lampung/

Sastha, Harley. Mengunjungi Nadi Kehidupan di Ujung Selatan Sumatera, Geomagz Vol. 6, Maret 2016.

Smart Tour Official. Danau Lebar, Danau Minyak, dan Danau Asam, Surga Tersembunyi di Suoh Lampung Barat. Radar Lampung, 7 November 2017. diakses 1 Januari 2018. http://www.smart-tour.co/danau-lebar-danau-minyak-dan-danau-asam-surga-tersembunyi-di-suoh-lampung-barat.html