Tour Singkat Presiden ke Almamater Kampusnya

Jokowi berkunjung ke UGM mengadiri dua agenda, beliau juga sempat mampir ke Fisipol.

Rangkaian acara Dies Natalis ke-68 Universitas Gadjah Mada telah berlangsung sejak akhir September lalu. Bertema “Bersama UGM Bela Bangsa dan Negara”, rangkaian dies natalis diisi lebih dari 20 agenda yang variatif. Pada Selasa, (19/12), panitia dies telah menyiapkan agenda rapat terbuka Universitas Gadjah Mada di Grha Sabha Pramana.

Presiden Joko Widodo hadir dalam rapat terbuka yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB. Sebelum Jokowi menyampaikan kuliah umum sekaligus membuka Seminar Nasional bertemakan “Revitalisasi Patriotisme untuk Bela Bangsa dan Negara”, rektor UGM memberikan sambutan. Prof Ir Panut M Eng D Eng menyampaikan laporan mengenai peran dan capaian UGM sepanjang tahun 2017.

Dalam orasinya, Jokowi menghimbau jika UGM perlu meningkatkan perkembangan Indonesia dari berbagai segi dan sektor kualitas kehidupan di Indonesia, seperti kualitas sumber daya manusia, digital, dan logistik. “Ada pun Sociopreneur di tengah masyarakat Indonesia perlu dikembangkan lagi. Indonesia masih menduduki posisi 90-an dari 130 negara dari segi inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Peringkat 16 dari 24 negara di Asia Pasifik. UGM diharapkan mampu menjadi tonggak perkembangan tersebut”, ujar Jokowi yang kehadirannya kali ini juga didampingi istri.

Hampir sama dengan kunjungan-kunjungan Jokowi di beberapa tempat, hadiah sepeda tak boleh lupa. Kali ini, presiden RI memberikan tebakan mengenai foto waktu muda di album foto lamanya. Sebelum memberikan tebakan, beliau mengungkapkan sedikit kisah semasa kuliah. Foto pertama memperlihatkan beberapa laki-laki tengah bergaya. Seorang perempuan berhasil menebak sosok Jokowi dalam foto pada kesempatan keduanya. Foto berikutnya dilewati karena Jokowi lupa yang mana sosok dirinya dalam foto. Terakhir, seorang bapak maju dan berhasil menebak sosok Jokowi pada foto ketiga. Tamu undangan lalu bersorak menanyakan sepeda. Sebelum turun podium, Jokowi memastikan jika kedua undangan yang berhasil menjawab, mendapatkan sepeda.

Setelah mengisi kegiatan di Grha Shaba Pramana, Jokowi lanjut ke Fakultas Kehutanan sekitar pukul 11.30 untuk menghadiri kegiatan ramah-tamah bersama civitas kampus dan alumni Fakultas Kehutanan UGM. Dalam acara tersebut, ada simbolisasi penanaman pohon cendana di area Fakultas Kehutanan. Sebelum beranjak ke FKT, Jokowi sempat mampir ke Fisipol untuk minum kopi di Digilib Cafe, Gedung Mandiri Fisipol.

Penulis: Hadafi Farisa
Editor : Fanggi Mafaza F N A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here