A la France, Kenalkan Budaya Sastra Prancis lewat Puisi

A la France. Foto : Wiwit A

Tak asing di telinga kita jika mendengar kata puisi. Salah satu jenis karya sastra yang masih kerap dilombakan ini telah menjadi wadah untuk berkarya dan menunjukkan kemampuan membaca puisi. Namun pernahkah Anda menyaksikan kompetisi baca puisi berbahasa Prancis?

Dalam rangka mengajak masyarakat untuk lebih mengenal budaya Prancis, salah satunya puisi, Himpunan Mahasiswa Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya UGM kembali menggelar acara tahunannya, A la France, pada 10-11 November 2017 lalu.

Rangkaian acara hari pertama, yakni tanggal 10 November merupakan babak penyisihan  yang bertempat di IFI (Institut Français Indonesia Yogyakarta), kemudian dilanjutkan babak final pada tanggal 11 November di PKKH (Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri). Pada babak final yang sekaligus malam puncak pengumuman pemenang, acara dimeriahkan dengan adanya pameran dan teater dari mahasiswa Sastra Prancis.

Peserta yang mengikuti acara tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMA/MA dan kategori umum. Panitia menjaring peserta dari kalangan siswa melalui undangan ke sekolah-sekolah yang di dalamnya terdapat mata pelajaran Bahasa Prancis, sementara untuk kategori umum, penjaringan peserta hanya melalui informasi lomba yang tersebar melalui media sosial.

Antusiasme peserta lomba baca puisi berbahasa Prancis ini dirasa cukup bagus, hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang melebihi prediksi panitia. Semula mereka memprediksikan jumlah peserta sebanyak 15 orang untuk kategori SMA/MA dan umum. Ternyata jumlah peserta yang mendaftar mencapai kurang lebih 20 orang untuk kategori SMA/MA, dan 10 orang untuk kategori umum yang berasal dari Yogyakarta maupun luar kota seperti Jakarta, dan Semarang.

Adapun juri dalam lomba baca puisi kali ini untuk kategori SMA/MA yakni Bapak Muslih, dosen Bahasa Prancis SV UGM. Sedangkan untuk kategori umum yaitu Alexandra Antin yang merupakan native speaker Bahasa Prancis dan di babak final penjurian juga dilakukan oleh Bapak Ali Sahab, dosen S1 Sastra Prancis UGM.

Dengan adanya kompetisi baca puisi A la France, diharapkan literasi budaya masyarakat terhadap karya sastra puisi Prancis dapat meningkat dan menimbulkan ketertarikan untuk mengenalnya lebih dalam.

Penulis : Ruswanti, Wiwit A/Bul
Foto: Wiwit A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here