gamacom

Menuju Indonesia Hebat melalui Gamacom 2017

Acara Gamacom (Gadjah Mada Competition) hadir kembali di tahun ini. Kompetisi debat dan lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat nasional yang diadakan oleh Kementrian Pengembangan Karya dan Potensi Mahasiswa BEM KM UGM tersebut mengusung tema “Indonesia Memimpin Dunia”, yang bertujuan untuk mencetak generasi yang mampu membuat Indonesia menjadi pemimpin dunia. “Saat ini generasi muda Indonesia memiliki kemampuan dan kesempatan. Kemampuan yang dimaksud di sini ialah kemampuan untuk menjadi manusia-manusia yang membawa Indonesia menjadi pemimpin dunia. Lalu kesempatan di sini, yakni kami memberikan wadah bagi generasi-generasi muda tersebut untuk berkesempatan menunjukkan kemampuan dan karyanya di Gamacom ini,” ujar Farhan Noer Widagdo, Menteri Pengembangan Karya dan Potensi Mahasiswa BEM KM UGM.

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya melombakan karya tulis ilmiah tingkat nasional, Gamacom tahun ini menambah satu jenis lomba lagi, yakni debat. Sita Rahmawati selaku CEO dari Gamacom menuturkan, “Tahun ini, jumlah pendaftar Gamacom ada 51 tim, yang berasal dari berbagai universitas yang tersebar dari seluruh Indonesia. Lalu setelah berbagai rangkaian seleksi, tersisa 7 tim untuk final LKTI dan 8 tim untuk perempat final lomba debat. Rangkaiannya sendiri untuk LKTI meliputi pembuatan abstraksi, pembuatan paper dan penjurian. Lalu untuk lomba debat, seleksinya melalui esai yang dikirim oleh setiap tim”. Adapun babak final LKTI dan perempat final lomba debat tersebut diadakan di gedung Grha Sabha Pramana UGM.

Rangkaian final LKTI dan perempat final lomba debat diawali dengan technical meeting yang dilaksanakan pada Jumat (20/10). Pada hari selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba. Untuk final LKTI dilaksanakan di gedung Grha Sabha Pramana, sedangkan untuk lomba debat, dilaksanakan di gedung FISIPOL UGM. Kemudian pada Minggu (22/10) peserta lomba dan panitia mengikuti Gamazing Race, yakni rangkaian acara yang diadakan di Museum Gunung Merapi, Kaliurang dan ditutup dengan Gala Dinner sekaligus pengumuman pemenang lomba yang dilakukan di gedung Grha Sabha Pramana.

Rizki Aditya, salah satu peserta lomba dari Institut Negeri Kalimantan, mengungkapkan bahwa ia dan timnya memiliki beberapa tujuan ketika mendaftar lomba di Gamacom, salah satunya adalah untuk memperkenalkan nama kampusnya sekaligus menambah jam terbangnya dalam lomba-lomba karya tulis ilmiah. Selain itu, ia mengungkapkan bahwa acara seperti Gamacom perlu diadakan lagi tiap tahunnya, karena Gamacom mampu menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengungkapkan ide-idenya. “Acaranya sih bagus mas, dan kalau bisa diadakan lagi tiap tahunnya, karena acara seperti Gamacom ini bisa menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menuangkan ide dan gagasannya,” tutup Rizki.

Terakhir, di bawah ini dapat dilihat daftar Pemenang Lomba Gamacom 2017:

  • LKTI
  1. Tim Bismillah (UNY)
  2. Tim Fplant (UGM) dan Tim Quebalt (ITS)
  3. Tim Ultragama (UMI)
  • Lomba Debat
  1. Tim Tengger (UNAIR)
  2. Tim Rosivel (UGM)
  3. Tim Realist Manifesto (UGM)
  • Juara Favorit Poster LKTI  : Tim Ultragama (UMI)
  • Juara Favorit Poster Debat : Tim La Tahzan (IPB)

Selamat untuk para pemenang, teruslah berkarya untuk Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *