Foto: Bagus/BulFoto: Bagus/Bul

Darmaputera Santren, Asrama Baru Milik UGM

Satu lagi asrama putera milik UGM telah dibangun di kawasan Deresan. Asrama bernama Darmaputera Santren ini dikhususkan untuk mahasiswa baru tahun pertama. Pembangunannya dimulai tahun 2015 dan rampung pada tahun 2016. Asrama dengan luas lahan yang hampir sama dengan asrama Kinanthi ini memiliki 192 kamar dengan ketentuan satu kamar untuk dua orang. Per tanggal 1 Agustus 2017 asrama ini sudah dihuni oleh 178 mahasiswa.

Pembangunan asrama merupakan salah satu bentuk kepedulian UGM terhadap mahasiswa yang mencari hunian di Yogyakarta. Dengan fasilitas yang hampir sama dengan asrama yang lain, asrama Darmaputera Santren ternyata memiliki keunggulan karena jaraknya yang lebih dekat dengan kampus. “Saya lebih memilih di sini karena jaraknya lebih dekat dengan kampus, dibandingkan dengan asrama Baciro dan Karanggayam,” ujar Rizki Pratama Turbina (Teknik Fisika ‘17).

Krisjihantoro selaku supervisor asrama Darmaputera Santren memaparkan bahwa UGM ingin mahasiswa baru yang berasal dari luar kota memilih asrama sebagai tempat tinggalnya. “Dengan kegiatan asrama berupa life skills, kelompok belajar dan kegiatan lain diharapkan mahasiswa UGM dapat menginternalisasi karakter ke-UGM-an yang diajarkan di asrama,” jelas Krisjihantoro. Manfaat dari kegiatan itu dirasakan oleh Ahmad Feris Haggit (Teknik Pertanian ‘17), “Life skills itu seru, ilmunya bermanfaat, peserta juga dapat makan gratis dan juga dapat banyak teman.”
Selain itu, sistem keamanan di asrama Darmaputera terpantau 24 jam. Terdapat dua shifts satpam penjaga yang melakukan patroli setiap dua jam sekali. Sayangnya, Darmaputera Santren belum dilengkapi kantin dan masih berada dalam tahap finalisasi pada beberapa bagian.

Penulis: Trishna Dewi W, M Zahri Firdaus/Bul
Penyunting: Aninda Nur H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *