Upacara pembukaan PPSMB Palapa UGM 2017 - 7© 2017 Bagus Imam Besari/Bul

Opening Ceremony PPSMB Palapa 2017: “Dari UGM untuk Indonesia”

Acara penerimaan mahasiswa baru UGM atau yang lebih dikenal dengan nama PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru) Palapa tahun 2017, resmi dibuka pada Senin (7/8).  Upacara penerimaan mahasiswa baru yang berlangsung di lapangan Pancasila tersebut, dihadiri sekitar 9322 mahasiswa baru yang berasal dari jenjang sarjana maupun diploma. Selain itu, turut hadir beberapa alumni yang saat ini menjabat di kursi pemerintahan seperti Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Prof Dr Pratikno, M Soc Sc, dan Gubernur Jawa Tengah yang juga menjadi ketua KAGAMA (Keluarga Alumni Gadjah Mada), yakni H Ganjar Pranowo, S H, M IP.

Mengusung tema “Dari UGM untuk Indonesia”, seremonial ini menampilkan Duta Kebhinekaan yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Rektor UGM yang juga menjadi pembina dalam upacara tersebut , Prof  Ir Panut Mulyono, M  Eng, D Eng, mengungkapkan dalam amanatnya, bahwa tema tersebut semakin mempertegas makna bahwa UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila dan universitas pusat kebudayaan. “Rangkaian PPSMB kali ini adalah perwujudan dari nilai-nilai jati diri tersebut,” terang Panut.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan orasi kebangsaan yang disampaikan oleh Mensesneg, Pratikno.  Selanjutnya pembukaan dan peresmian PPSMB Palapa UGM 2017 yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panahan. Tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, pada upacara pembukaan kali ini juga menyuguhkan pertunjukan dari UKM yang ada di UGM, seperti Unit Seni Tari, Berkuda, Unit Bela Diri, Menwa, dan lainnya. Selain itu, UKM Paduan Suara Mahasiswa dan Pramuka, turut ambil bagian sebagai petugas dalam upacara pembukaan. Sebelum mahasiswa kembali ke kelas-kelas, acara ditutup oleh airshow yang dilakukan oleh beberapa penerjuh dari gabungan militer dan resimen mahasiswa, serta aksi enam pesawat dari Tim Aerobatic Jupiter.

Segala kesuksesan upacara pembukaan tersebut tentu tidak luput dari kerja keras para panitia. Tio (Manajemen ’14) yang merupakan Ketua PPSMB Palapa tahun 2016 mengungkapkan rasa bangganya terhadap hasil kerja panitia tahun ini. Meskipun terdapat beberapa perubahan struktur kepanitiaan seperti pembentukan divisi baru dan pengurangan jumlah anggota di beberapa divisi, hal tersebut dilakukan agar panitia dapat bekerja lebih efektif. “Berbeda dari tahun lalu yang lumayan singkat persiapannya. Nah, PPSMB kali ini kan sudah dipersiapkan sejak Maret, jadi lebih rapi dan lebih bagus,” papar Tio.

Selain itu, euforia upacara pembukaan juga dirasakan oleh mahasiswa baru yang juga menjadi peserta upacara. Menurut Fahmi Ghozali (Fisipol ’17), ia bangga dapat masuk UGM yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan menyingkirkan pesaing-pesaing lainnya. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin berkontribusi lebih banyak untuk Indonesia kedepan. “Harapannya sih dengan masuk ke UGM, saya dapat lebih berkontribusi untuk kemajuan Indonesia,” tutur Fahmi.

Oleh: Agnes Vidita A, Muhammad Zahry Firdaus/Bul
Penyunting: Hadafi Farisa R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *