Inifest 2017 - 1

Rediscover Indonesia with Inifest 2017

Membahas tentang Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Negeri ini memiliki kekayaan melimpah akan sejarah, budaya, alam, hingga serentetan prestasi yang pernah dicapai. Karena itulah rasa nasionalisme dan cinta tanah air senantiasa tumbuh dalam diri warganya, terlebih pada generasi muda dan para pelajar yang sedang berada di luar negeri untuk melanjutkan studi mereka. Banyak kegiatan yang biasa dilakukan pelajar Indonesia untuk menujukkan kecintaan mereka terhadap tanah air sekaligus mengenalkan Indonesia kepada dunia, salah satunya dengan mengadakan festival tentang Indonesia.

Pertunjukan Tarian Saman

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah Inifest. Inifest merupakan ajang pengenalan budaya Indonesia yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT)  cabang Zhengzhou yang diselenggarakan berpindah-pindah tempat setiap tahunnya. Inifest juga merupakan festival Indonesia terbesar di Provinsi Henan, Tiongkok. Dengan mengusung tema Rediscover Indonesia, inifest tahun ini sukses diselenggarakan di Zhengzhou University dan berhasil menarik ratusan pengunjung untuk merasakan sendiri masakan dan menyaksikan pertunjukan budaya Indonesia. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 13 Mei 2017 dan dimulai sejak pukul lima sore ini ditandai dengan dibukanya stand-stand food bazaar yang menyajikan berbagai macam masakan khas dari Indonesia seperti satai, martabak, bakwan, dan pisang coklat goreng. Pengunjung juga dapat mengenal pariwisata, budaya dan sejarah Indonesia dengan mendatangi booth tourism, culture dan history sembari menyantap masakan Indonesia.

Dalam sekejap setelah pembukaan stand food bazaar, ratusan porsi makanan Indonesia habis dibeli pengunjung . setelah itu acara pertunjukan kesenian dan budaya resmi dimulai dengan pidato singkat oleh Mrs. Huang Zhuo Ming selaku dekan dari departemen pendidikan internasional Zhengzhou University. Beliau berharap kegiatan ini mampu menjadi ajang pengembangan diri bagi mahasiswa internasional. Beliau juga menambahkan bahwa dia terkesan dengan mahasiswa asal Indonesia yang dinilai sangat rajin dan serius baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Mrs. Huang Zhuo Ming menyampaikan pidato pembukaan

Pertunjukan pertama dimulai dengan lenggokan tarian Cendrawasih asal Bali yang ditampilkan oleh dua orang mahasiswi Indonesia.  Kemudian dilanjutkan dengan tembang pop dan aransemen lagu daerah Papua, Yamko Rambe Yamko, yang dibawakan menggunakan instrumen angklung. Diselingi ice breaking game yang melibatkan para penonton malam itu, kegiatan kemudian berlanjut dengan menampilkan tarian saman yang menyiratkan kekompakan dan kebersamaan.

Penampilan tarian kecak

Semakin larut pengunjung semakin banyak yang berdatangan. Tepuk tangan penonton pun kian meriah setelah penampilan fashion Show busana tradisional Indonesia, tarian Lenggang Nyai, dan kelincahan tarian Roro Ngigel, namun sejenak hening ketika penampilan pamungkas tari Kecak mulai dibawakan. Para performer berhasil menyuguhkan suasana Bali yang kental pada penampilannya sehingga ditutup oleh tepuk tangan meriah yang penuh dengan kekaguman dari penonton. Namun pertunjukan belum berakhir, seluruh performer dan panitia mengajak para pengunjung untuk ikut flashmob sebagai acara puncak dan menikmati euforia penutupan rangkaian acara Inifest 2017.

Penulis : Tim Publikasi, Dokumentasi, dan Dekorasi Inifest 2017 / Bul