Unjuk Kemampuan Bahasa Jepangmu dalam Nihongo no Hi

Ragam dekorasi bernuansa “Legenda Cita Rasa Nusantara” menghiasi sebagian tempat di Fakultas Ilmu Budaya UGM pada Sabtu (6/5). Saat itu acara Nihongo no Hi, yang berarti Hari Bahasa Jepang sedang berlangsung untuk yang ke-12 kalinya. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh jurusan Sastra Jepang UGM ini merupakan ajang kompetisi dari beberapa mata lomba yang ditujukan untuk siswa/i SMA hingga mahasiswa dan umum. Adapun kompetisi yang diperlombakan yakni: Lomba pidato bahasa Jepang (benron) tingkat universitas/umum se-DIY yang menjadi mata lomba utama bekerja sama dengan Japan Foundation. Pemenang pertama dari lomba ini nantinya akan menjadi perwakilan DIY untuk maju ke tingkat nasional yang diadakan oleh Japan Foundation di Jakarta. Selanjutnya terdapat lomba pidato bahasa Jepang (benron), membaca teks bahasa Jepang (dokkai), kana, dan kikikakitori yang ditujukan untuk siswa/i SMA sederajat se-DIY, JATENG. Lalu adapula lomba kaligrafi (shodo) tingkat SMA, dan universitas/umum se-DIY, JATENG.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini mendapat respon positif dari para peserta lomba. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa kompetisi-kompetisi yang diadakan cukup beragam, dan memberikan pengalaman baru bagi mereka. Terutama untuk lomba shodo, dan kikikakitori yang baru diadakan tahun ini namun berhasil menggaet cukup banyak peminat.

Lendy Luturmas selaku ketua panitia pun turut memberikan tanggapan, “Tahun ini peminat kana berkurang. Mungkin karena tanggal lomba yang kurang strategis. Untuk tahun depan rencananya akan menambah jangkauan hingga ke JATIM. Semoga peminatnya bertambah banyak.”

Selanjutnya, inilah para pemenang pertama dari tiap mata lomba yang diselenggarakan: Kartika Candra Puspita (SMAN 1 Yogyakarta) untuk Benron tingkat SMA, Shafira Anissa (SMAN 1 Yogyakarta) untuk Kikikakitori, Amalia Khairunnisa (SMAN 1 Yogyakarta) untuk Dokkai, Elvina Rahma Anindya (SMAN 1 Yogyakarta) untuk Kana, Akbar Rizqi Dhea Habibi (UGM) untuk Shodo, dan Rizky Permana untuk Benron tingkat mahasiswa/umum. Selamat kepada para pemenang!

Oleh: Sri Handayani Listyaningtyas/Bul